Suatu Cerita Tidak Harus Ada Endingnya

Internet

Erabaru.net. 1. Tahun lalu saya menghadiri sebuah pameran buku di Tokyo, Jepang.

Cukup banyak mengunjungi penerbit setempat, dengan harapan bisa membeli hak cipta beberapa buku yang bagus dan mengenalkannya kepada pembaca, khususnya anak-anak.

Sebelum penerbit Jepang merefrensikankan buku mereka kepada saya, dia mengingatkan saya dengan sopan, “Perusahaan penerbitan buku anak-anak di Taiwan selalu mewajibkan buku cerita terkait harus ada endingnya, tapi banyak buku cerita anak-anak di Jepang itu tidak ada akhir cerita …”

Internet

Saya hanya tersenyum mendengar keterangannya dan berkata,” Jangan khawatir, perusahaan saya tidak sekaku itu dalam melihat suatu cerita. Tolong refrensikan saja kepada saya kalau ada buku cerita yang tidak ada endingnya tapi bagus dan mendidik. ”

2. Akhir adalah Jawaban.

Saat sekolah, biasanya guru akan mengajar dan memberikan jawaban standar. Tentu saja kita juga harus memberikan jawaban standar saat ujian.

Saat nonton TV, film, kita pasti ingin alur ceritanya menjelaskan secara detail siapa tokoh jahat dan baik, bagaimana dengan akhir ceritanya dari pasangan tokoh utama dalam cerita itu, dan bagaimana dengan akhir dari tokoh jahatnya dan sebagainya.

Kita jadi tidak mengerti dengan suatu cerita kalau tidak ada endingnya, karena tidak ada jawaban!

Ini juga merupakan standar representasi dari keseluruhan budaya kita apakah kita bisa memahami terhadap sebuah karya.

Orang-orang baik akan selalu berbuat baik sampai akhir, sementara orang jahat tidak berperasaan sama sekali, kalau bukan hitam pasti putih, (jahat dan baik), tidak ada area abu-abu, orang jahat tidak akan berakhir dengan baik, sebaliknya orang baik pasti akan mendapat balasan baik, jawabannya sangat jelas, dan sama sekali tidak perlu dipikirkan akhir ceritanya.

Internet

3. Sebenarnya, kita tahu banyak hal dalam hidup itu tidak memiliki jawaban.

Seorang pria yang menjengkelkan di perusahaan, mungkin adalah sesosok ayah yang sangat baik sepulangnya ke rumah, karena dia ingin memberi yang terbaik untuk anaknya.

Jadi mau tidak mau harus menekan orang lain di perusahaan, agar bisa mendapatkan lebih banyak uang untuk membeli sesuatu buat anaknya.

Menurutmu, apakah dia orang baik atau jahat?

Seorang pria tua baik hati yang selalu hidup bersahaja dan tidak banyak bertingkah setiap hari, tapi tak disangka terkena (Penyakit) kanker. Menurutmu, apakah ini akhir dari sosok orang yang baik atau jahat ?

Hal-hal terkait kehidupan manusia dan beragam sifat manusia yang kompleks, dimana setelah kita mengalami banyak hal dalam hidup, baru bisa dipahami sedikit demi sedikit oleh orang-orang yang cukup beruntung.

Jadi bagaimana caranya mengajarkan hal itu kepada anak kita ?

Sulit! Kehidupan yang sebenarnya itu harus dijalani oleh individu masing-masing, tidak bisa diajarkan melalui orang lain karena sangat terbatas jika tidak dialami oleh individu itu sendiri.

Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah tidak memberinya batasan dan memberinya terlalu banyak jawaban standar dikala anak itu masih kecil.

Cerita yang bagus akan meninggalkan kesan dalam hati. ada atau tidak jawabannya (akhir cerita) itu sama saja.

Saya pernah membaca tiga buku cerita anak-anak dari Perancis yang memberikan tiga ending yang tidak sama di akhir cerita.

Jelas itu adalah cerita yang sama, namun ada tiga ending yang berbeda. Saya bertanya kepada orang yang menerbitkan buku cerita itu di Prancis, bagaimana taggapan anak-anak mereka setelah membaca buku cerita dengan ending yang beragam itu?

“Biasa-biasa saja! Sama seperti membaca buku umumnya,” katanya.

Bagi anak-anak Prancis, jelas itu bukan masalah dan tidak perlu berlebihan dalam melihat hal itu!

Saya sangat merindukan suasana membaca seperti itu, jadi saya memperkenalkan sebuah buku cerita anak-anak Prancis yang sekilas terlihat tidak ada endingnya…. “Un gnome a la mer.”

4. Bocah dalam cerita itu memiliki buku yang sangat disukainya, tetapi, karena buku itu sudah terlalu lusuh, sehingga beberapa halamannya telah hilang atau robek tak karuan, dan celakanya, justeru beberapa halaman yang hilang itu adalah ending yang paling menarik!