Makanan yang Mengandung Vitamin B1 dan Manfaatnya

vitamin b

Erabaru.net. Tahukah anda bahwa vitamin B memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sel dan membuat Anda tetap bersemangat? Tidak semua jenis vitamin B melakukan fungsi yang sama, karena berbagai jenis vitamin B berasal dari berbagai jenis makanan.

Vitamin B1 (tiamin) adalah enzim yang digunakan oleh tubuh untuk memetabolis makanan menjadi energi dan menjaga kesehatan jantung dan fungsi syaraf.

Tiamin juga digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya, yang membentuk kompleks vitamin B untuk mengelola fungsi sistem kardiovaskular, sistem endokrin dan sistem pencernaan yang penting.

Jika tidak cukup tiamin di dalam tubuh, molekul yang terdapat di dalam protein dan karbohidrat tidak dapat digunakan secara benar oleh tubuh untuk melakukan berbagai fungsi penting.

Jadi, jika menderita kekurangan tiamin, akan terjadi kelelahan kronis, komplikasi jantung, kelemahan dan kerusakan saraf, dan lain-lain. Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda mendapatkan cukup vitamin B1.

1. Kacang

Kacang-kacangan adalah makanan padat nutrisi dan mengandung vitamin B1. Kacang-kacangan seperti pistachio, kacang brazil, kemiri dan kacang mete adalah salah satu sumber vitamin B1 yang baik.

2. Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan merupakan sumber tiamin atau vitamin B1 yang sangat baik. Ikan tuna mengandung kadar vitamin B1 tertinggi, menyediakan lebih dari 35 persen kebutuhan asupan vitamin B1sehari.

Ikan salmon menyediakan 19 persen kebutuhan asupan vitamin B1sehari dan mackerel menyediakan 9 persen kebutuhan asupan vitamin B1sehari.

3. Daging babi tanpa lemak

Daging babi tanpa lemak adalah sumber vitamin B1 non-vegetarian. Dalam 100 gram sajian, daging babi tanpa lemak menyediakan 74 persen kebutuhan asupan vitamin B1 sehari.