Tiongkok Mengatur Penakhlukan untuk Industri Pembuatan Layar Global

Teknologi tampilan baru yang disebut OLED (organic light-emitting diode) sedang meningkat, semakin menggantikan LCD (liquid crystal display) untuk membuat layar-layar smartphone dan televisi. Sekarang, Tiongkok sedang berusaha untuk mendominasi industri OLED dengan cara yang adil atau kotor.

Pada tanggal 27 Juni, jaksa Korea Selatan mengumumkan bahwa mereka menuntut tujuh orang, enam warga Korea dan satu warga negara Tiongkok bernama Li, karena melanggar Undang-Undang Perlindungan Teknologi Industri Korea Selatan ketika mencoba untuk meneruskan teknologi inti OLED ke perusahaan OLED Tiongkok yang tidak disebutkan namanya, menurut Korea Selatan. Situs berita Korea, Aju News. Tiga orang, termasuk Li, ditangkap dan ditahan.

Kwon adalah peneliti yang bekerja untuk perusahaan Korea Selatan tanpa nama yang memiliki kemitraan bisnis dengan Samsung Display, penyedia tunggal layar OLED untuk Apple iPhone X, menurut situs berita teknologi CNet. Li, yang bekerja untuk perusahaan OLED Tiongkok, mendekati Kwon dengan tawaran pekerjaan yang akan membayar tiga kali gaji saat ini, jika Kwon mau mencuri dan membawa beberapa informasi penting tentang teknologi OLED, menurut Aju News.

Dengan bantuan beberapa rekan kerja, Kwon berhasil mentransfer sekitar 5.130 dokumen pada OLED ke perusahaan Tiongkok dari Agustus 2017 hingga Februari 2018.

Bulan lalu, ketika Kwon sedang dalam perjalanan ke Tiongkok, dia ditangkap oleh petugas intelijen di sebuah bandara di Korea Selatan. Li, yang bepergian dengan Kwon, juga ditangkap.

Menurut Aju News, teknologi OLED adalah salah satu ekspor terbesar Korea Selatan. Pada 2017, nilai ekspor total negara tersebut mencapai $27,3 miliar, di mana OLED mencapai 34 persen, sebesar $9,22 miliar. Samsung Display memiliki tahun rekor dalam pendapatan penjualan pada tahun 2017, mencapai sekitar $4,85 miliar, sebagian besar dari penjualan produk OLED. Di pasar panel OLED smartphone global, Samsung hampir memiliki monopoli.

Ambisi OLED Tiongkok

Industri OLED domestik Tiongkok masih terbatas. Menurut Aju News, tidak ada pembuat smartphone besar di seluruh dunia mendapatkan pasokan OLED mereka dari sumber-sumber Tiongkok. Selain itu, perusahaan Tiongkok hanya memiliki kemampuan untuk memproduksi tampilan layar OLED yang kaku dan belum mengembangkan teknologi untuk tampilan layar OLED fleksibel yang dapat ditekuk, yang memiliki aplikasi lebih besar dalam perangkat pintar dan gadget.

Produsen-produsen Tiongkok juga belum mengembangkan teknologi untuk memproduksi panel OLED besar untuk layar TV.

Akibatnya, perusahaan-perusahaan Tiongkok telah mengalirkan gaji yang menguntungkan bagi para profesional OLED Korea Selatan, dalam upaya untuk memikat pebakat yang dapat mempercepat pengembangan OLED Tiongkok.

Sebuah artikel 8 Juni diposting di situs resmi Asosiasi Semikonduktor Tiongkok (CSIA), sebuah organisasi perdagangan, melaporkan bahwa tampilan terbaru Samsung Display QD-OLED, layar OLED yang ditingkatkan menggunakan teknologi quantum-dot untuk menghasilkan lebih banyak kecerahan dan akurasi warna, membuatnya bahkan lebih sulit bagi pembuat layar-layar Tiongkok untuk mengejar Samsung dan LG, konglomerat Korea Selatan lain yang merupakan produsen teratas untuk produk-produk OLED.

Menurut Aju News, perusahaan-perusahaan Tiongkok telah menawarkan gaji tahunan hingga 500 juta won Korea ($450.000) kepada para profesional senior Korea Selatan di bidang layar semikonduktor dan panel datar, yang sekitar tiga kali lebih tinggi dari gaji industri rata-rata di Korea Selatan.

Aju News juga melaporkan pada bulan Juni bahwa tiga peneliti utama OLED di Samsung Electronics, perusahaan induk Samsung Display, berhenti dari pekerjaan mereka tahun ini dan mengambil pekerjaan di BOE Technology, pembuat OLED Tiongkok yang berbasis di Beijing.

BOE melihat tingkat hasil produksinya dari panel layar OLED berukuran mikro meningkat setelah mempekerjakan sejumlah ahli OLED Korea Selatan, menurut Aju News.

Bahkan, BOE telah mempekerjakan lebih dari 100 profesional Korea Selatan, sebagian besar mantan karyawan Samsung Electronics, LG, atau SK Hynix, pembuat chip DRAM Korea Selatan, yang merupakan komponen dasar semikonduktor untuk perangkat telekomunikasi termasuk telepon seluler, menurut News, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

BOE

BOE Technology Group, didirikan pada tahun 1993 dan terdaftar di bursa saham Shanghai dan Shenzhen, perlahan-lahan meningkat menjadi perusahaan yang diakui secara internasional dalam beberapa tahun terakhir. Sahamnya naik dua kali lipat dan pendapatan bersih meningkat empat kali lipat pada 2017, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut Bloomberg, sebelum sahamnya merosot tahun ini, merosot lebih dari 32 persen pada 18 Juni.

Pada 2017, BOE menjadi pemasok Apple, membuat layar OLED untuk iPad 9.7 inci yang terakhir, menurut surat kabar Taiwan Tiongkok Times. Dan tahun ini, BOE menjadi salah satu pemasok panel datar untuk model laptop MacBook Apple yang lebih murah. Dan menurut laporan 28 Juni oleh Bloomberg, Apple sedang dalam pembicaraan dengan BOE pada bulan Februari tentang kemungkinan OLED memasok layar untuk iPhone kelas atas.

Ambisi teknologi tinggi BOE telah menarik perhatian rezim Tiongkok, yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut untuk merekrut insinyur Tionghoa dan non-Tionghoa di luar negeri ke perusahaan tersebut, termasuk dari Amerika Serikat.

Menurut sebuah artikel 11 Agustus 2016 di situs resmi Badan Pengawasan Aset dan Administrasi Negara (sebuah badan pemerintah Beijing yang bertanggung jawab atas perusahaan-perusahaan milik negara), komite partai BOE akan mengikuti prinsip “Manajemen para pebakat partai [Komunis Tiongkok].” Komite-komite partai dibentuk di semua tempat kerja di Tiongkok untuk memastikan kebijakan-kebijakan perusahaan mengikuti garis Partai.

Ini berarti merekrut staf melalui program rekrutmen rezim Tiongkok, seperti Rencana Seribu Pebakat, yang menargetkan bidang sains dan teknologi yang ingin dikembangkan lebih lanjut oleh Tiongkok, sebagaimana dituangkan dalam kebijakan nasional seperti “Made in China 2025.”

Dari sekitar 17.000 karyawan di R & D (penelitian dan pengembangan), 471 direkrut dari luar negeri, dan dari mereka, 45 direkrut dari program pemerintah, per Agustus 2016.

Rencana Seribu Pebakat (Talenta) diperkenalkan oleh otoritas pusat pada tahun 2008 untuk memikat para pekerja yang menjanjikan dari seluruh dunia untuk bekerja di Tiongkok. Program semacam itu adalah bagian penting dari strategi Tiongkok untuk mengejar dan akhirnya menggantikan industri teknologi global.

Lebih dari 7.000 profesional Tionghoa dan asing tingkat atas telah direkrut berdasarkan Rencana Seribu Pebakat. Warga Tionghoa yang kembali ke Tiongkok menerima paket satu kali dari 1 juta yuan ($151.140), bersama dengan jaminan pekerjaan di universitas, lembaga penelitian, atau perusahaan milik negara.

Pemerintah-pemerintah daerah di Tiongkok juga memiliki versi program rekrutmen pebakat mereka sendiri untuk orang Tionghoa perantauan dan memiliki paket-paket insentif keuangan mereka sendiri untuk menarik pebakat luar negeri.

BOE telah bermitra dengan otoritas pemerintah sejak setidaknya tahun 2011 untuk merekrut staf. Pencarian di situs resmi kantor pemerintah Beijing untuk “urusan luar negeri Tiongkok” menunjukkan bahwa BOE mencari untuk mempekerjakan empat orang Tiongkok perantauan dengan setidaknya gelar master di OLED dan bidang terkait pada tahun 2011. Tahun ini, perusahaan sedang berusaha untuk mengisi 18 lowongan pekerjaan di beberapa bidang, termasuk kecerdasan buatan, komputasi awan, dan teknologi tampilan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pihak berwenang di Distrik Chaoyang, daerah padat penduduk Beijing di mana BOE berkantor pusat, telah mulai merekrut pebakat luar negeri untuk BOE di bawah “Program Phoenix.” Pada tahun 2016, pemerintah Chaoyang mengumumkan di situs resminya bahwa telah merekrut 13 orang untuk BOE, termasuk Tong Guanshan, yang saat ini adalah VP dan Chief Technology Officer (CTO) senior perusahaan tersebut. Tong telah bekerja di IBM dari tahun 2001 hingga 2016, menurut profil LinkedIn-nya. Dia bertugas di kantor pusat global di beberapa posisi, termasuk kepala departemen R & D global, menurut Bloomberg.

Pada tahun 2014, Pablo Navarrete Michelini, asisten profesor dalam pemrosesan sinyal dari Chili yang kemudian menjabat sebagai perancang perangkat lunak senior untuk perusahaan teknologi yang berbasis di California Yuvad Technologies dari tahun 2011 hingga 2013, direkrut ke Tiongkok di bawah program yang sama. Dia sekarang menjadi peneliti utama di BOE.

Program Phoenix juga berhasil merekrut Bin Sun pada tahun 2012, menurut situs resmi Chaoyang Overseas Talent Center, sebuah kantor pemerintah. Dia adalah kepala pusat manajemen kekayaan intelektual (IP) BOE sebelum dia mengambil pekerjaan sebagai penasihat umum di Xiaomi, pembuat ponsel Tiongkok, pada bulan Januari 2016, menurut profil LinkedIn-nya. Sebelum bergabung dengan BOE, Bin adalah pengacara paten untuk firma hukum AS, Foley & Lardner. (ran)

ErabaruNews