Bea Cukai AS Sita Jutaan Dolar Barang Palsu Tiongkok di Texas

Dalam waktu kurang dari dua bulan, agen bea cukai AS di Texas telah menangkap dua pengiriman bernilai jutaan dolar barang palsu dari Tiongkok.

Setelah pengintaian selama tiga hari pada pertengahan Juni, agen-agen khusus Penegakan Hukum dan Keimigrasian AS, Immigration and Enforcement (ICE), telah menyita 795 kotak berlabel alamat pengiriman palsu di Laredo, Texas, menurut siaran pers pada 6 Juli oleh ICE.

Pada tanggal 3 Juli, agen bea cukai menghitung apa yang ada di dalam kotak-kotak tersebut, sebanyak 181.615 barang dagangan yang melanggar merek dagang, dengan perkiraan nilai komoditas lebih dari $42.9 juta.

Barang-barang yang disita tersebut termasuk tiruan dari merek-merek pakaian terkenal seperti Adidas, Calvin Klein, Nike, Under Armor, dan Diesel; merek perancang mewah seperti Chanel, Pelatih, Fendi, Gucci, Hugo Boss, Louis Vuitton, dan Yves St. Laurent; merek elektronik-elektronik dan jam tangan terkenal seperti Apple, Casio, Rolex, Samsung, Sony, dan LG; serta DC dan Marvel Comics palsu.

Pada bulan Mei, agen ICE menyita hampir 79.000 barang palsu senilai lebih dari $16 juta di pelabuhan yang sama.

ICE mengatakan kedua upaya untuk memindahkan barang palsu ke Amerika Serikat tersebut dilakukan oleh organisasi kriminal yang sama yang berbasis di Laredo.

Serentak, kedua serangan tersebut menjaring lebih dari 260.000 potong pakaian, barang elektronik, kosmetik, dan perhiasan senilai hingga $59 juta.

ICE menjelaskan bahwa, berdasarkan perilaku kriminal di masa lalu, barang-barang haram biasanya pertama dikirim ke Meksiko, di mana para penyelundup akan menyuap kartel-kartel Meksiko, yang kemudian mengancam para aparat penegak hukum Meksiko. Kemudian, para pejabat ini akan mengizinkan barang-barang melewati Amerika Serikat tanpa pemeriksaan atau bea impor.

Tiongkok adalah sumber dari sebagian besar barang palsu di dunia. Menurut laporan 2017 tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang disita oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, ada 34.143 penyitaan HKI di Amerika Serikat pada tahun 2017, meningkat 8 persen dari tahun 2016, dimana 46 persen berasal dari Tiongkok dan 32 persen berasal dari Hong Kong, diikuti oleh Vietnam di tempat ketiga dengan 19 persen.

Jika semua barang palsu yang berasal dari Tiongkok dan Hong Kong itu asli, menurut laporan tersebut, ia akan memiliki harga eceran sekitar $940 juta.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2017, ICE telah menangkap 457 orang, mendapat 288 tuduhan kejahatan serius, dan menerima 2,42 putusan hukuman terkait dengan kejahatan properti intelektual.

Membeli barang palsu secara tidak langsung dapat mengalirkan pendanaan untuk perusahaan-perusahaan kriminal dan aktivitas ilegal mereka, menurut Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP), lembaga penegak hukum tersebut di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri. Dampaknya pada perekonomian AS sangat besar, menyebabkan hilangnya pendapatan bagi perusahaan-perusahaan AS, dan akhirnya kehilangan pekerjaan AS dari waktu ke waktu.

Laporan tahun 2017 oleh Komisi Kekayaan Intelektual dari National Bureau of Asian Research, sebuah organisasi penelitian independen, memperkirakan bahwa kerugian tahunan dari pencurian rahasia perdagangan, termasuk barang palsu, untuk perekonomian AS adalah antara $180 miliar dan $540 miliar.

Kedua penyitaan di Laredo tersebut adalah bagian dari pola lama dari barang tiruan Tiongkok yang memasuki pasar AS. Menurut data dari CBP, jumlah penyitaan HKI terkait dengan pemalsuan telah meningkat dengan mantap sejak 2010, dengan 19.959 penyitaan pada tahun 2010 dibandingkan dengan 34.143 kejang pada tahun 2017, peningkatan 71 persen.

Pada tanggal 28 Juni, petugas CBP melaporkan sebuah kasus di Philadelphia di mana paket kiriman yang disamarkan sebagai baterai lithium dari Hong Kong ternyata merupakan jam tangan merek mewah palsu dengan harga ritel hampir $10 juta.

Jam tangan palsu tersebut dirancang agar terlihat seperti merek-merek mewah seperti Rolex, Tous, Hublot, Piguet, Panerai, Patek, Fosil, dan Harley Davidson. Namun kualitas jam dan kemasannya buruk, menurut CBP.

“Ini adalah penyitaan yang penting, baik dalam hal nilai dolar, dan dalam pesan yang disampaikan ke individu-individu dan organisasi-organisasi yang memperdagangkan barang-barang palsu dan bajakan,” kata Joseph Martella, direktur pelabuhan CBP untuk Area Port of Philadelphia.

CBP mengatakan pada hari-hari biasa, agensi tersebut menyita rata-rata produk senilai $3,3 juta dengan pelanggaran-pelanggaran HKI. (ran)

ErabaruNews