PM Jepang Abe akan Melakukan Kunjungan Resmi ke Tiongkok Bulan Ini

BEIJING – Perdana Menteri Shinzo Abe akan mengunjungi Tiongkok dari tanggal 25-27 Oktober dalam kunjungan resmi pertama oleh seorang pemimpin Jepang dalam kurun waktu tujuh tahun, Tiongkok mengatakan pada 12 Oktober.

Kunjungan Abe dalam beberapa tahun terakhir untuk menghadiri acara multilateral di Tiongkok belum dianggap kunjungan resmi.

Pertemuan Oktober Abe dengan Xi, secara resmi dikonfirmasi pada 12 Oktober, akan menjadi KTT Tiongkok-Jepang berskala penuh pertama sejak tahun 2011.

Pada bulan September, setelah bertemu pemimpin Tiongkok Xi Jinping di Rusia, Abe mengatakan kedua pihak telah setuju untuk kerjasama pada kunjungan bulan Oktober.

Abe kembali ke kantor untuk masa jabatan kedua yang langka pada bulan Desember 2012, menjanjikan garis keras terhadap Tiongkok dalam sebuah perselisihan teritorial atas pulau-pulau kecil di Laut China Timur.

Jepang berbagi kekhawatiran dengan AS tentang keteguhan maritim Beijing dan akan memperluas jangkauan militernya untuk melawan Tiongkok. Perusahaan Jepang juga khawatir tentang pelanggaran Tiongkok atas hak kekayaan intelektual dan pencurian teknologi.

Namun, hubungan bisnis dengan Tiongkok, ekonomi terbesar kedua di dunia, sangat penting bagi Jepang.

“Untuk memastikan bahwa Jepang memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, Anda tidak dapat mengabaikan hubungan ekonomi dengan Tiongkok,” kata seorang pejabat kementerian luar negeri Jepang, yang berbicara dengan syarat anonim.

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Jepang. Jepang adalah mitra dagang terbesar kedua Tiongkok, setelah Amerika Serikat, dan investor terbesar keempat.

Investasi langsung Jepang di Tiongkok naik pada tahun 2017 untuk pertama kalinya dalam lima tahun, sebuah tren yang berlanjut dalam delapan bulan pertama tahun 2018, Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang mengatakan dalam sebuah laporan yang juga menandai ekspor Jepang yang meningkat ke Tiongkok.

Sorotan kunjungan Abe diharapkan menjadi forum yang dihadiri oleh hingga 1.000 eksekutif dan pejabat perdagangan untuk membahas kerjasama ekonomi Tiongkok-Jepang di negara-negara ketiga.

Tiongkok berharap Abe akan mendukung inisiatif One Belt, One Road (OBOR, juga dikenal sebagai Belt and Road), kendaraan untuk mendanai dan membangun jaringan transportasi dan perdagangan global di lebih dari 60 negara.

Inisiatif OBOR telah mendapat kecaman karena membebani negara-negara miskin dengan utang yang tidak berkelanjutan melalui proyek-proyek besar yang tidak layak secara ekonomi.

Abe mungkin, bagaimanapun, menghindari inisiatif OBOR.

Para pejabat pertahanan Jepang berhati-hati terhadap implikasi-implikasi militernya, dan Tokyo mendorong Strategi Pasifik Bebas dan Terbuka untuk mempromosikan perdagangan bebas dan infrastruktur di Asia, Afrika dan Timur Tengah.

Jepang ingin memastikan proyek-proyek bersama dengan Tiongkok secara transparan, terbuka, layak secara ekonomi dan secara fiskal sehat bagi negara-negara debitur, kata para pejabat.

“Ini bukan ‘dukungan’ untuk Belt dan Road. Kita tidak akan mengurangi standar global,” kata seorang pejabat perdagangan Jepang.

Beberapa perjanjian yang tidak mengikat, yang dikenal sebagai MOU, diharapkan dari forum tersebut, termasuk satu pada proyek di Thailand, seorang sumber Jepang yang terlibat dalam perencanaan forum tersebut mengatakan.

PEMBAHASAN PERDAGANGAN

Jepang terlibat dalam upaya untuk membentuk Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional di antara 16 negara termasuk Tiongkok, serta dalam pembicaraan tentang pakta perdagangan bebas Tiongkok-Jepang-Korea Selatan.

Abe dan Trump telah sepakat untuk memulai pembicaraan tentang kesepakatan perdagangan Jepang-AS yang baru yang diharapkan Washington akan memotong defisit perdagangannya, sementara Tokyo bertujuan untuk mencegah tarif yang lebih tinggi pada ekspor mobilnya.

Departemen Luar Negeri AS dan Gedung Putih menolak berkomentar ketika ditanya tentang KTT Abe-Xi yang akan datang.

Dorongan AS untuk membuat Jepang bergabung dalam upaya untuk mengisolasi Tiongkok akan memberikan dilema bagi Tokyo, meskipun para pejabat mengatakan Abe dapat mengatakan kepada Trump bahwa Jepang mengambil pendekatan yang berbeda dengan tujuan yang sama, meyakinkan Tiongkok untuk bermain dengan aturan global.

Tekanan AS seperti itu dapat memperoleh dukungan di dalam Jepang.

Banyak politisi konservatif sangat waspada terhadap Tiongkok, seperti juga pada kebanyakan para pemilih Jepang. Sebuah survei yang diterbitkan pada 11 Oktober menunjukkan 86 persen orang Jepang mempunyai “citra buruk” terhadap Tiongkok.

“Ada beberapa di Jepang yang menganggap hubungan keamanan dengan Amerika Serikat lebih diutamakan daripada masalah ekonomi Jepang,” kata Kiyoyuki Seguchi, direktur penelitian di Canon Institute for Global Studies.

“Tetapi jika seseorang … menanyakan apakah perkembangan ekonomi akan memungkinkan jika tanpa membangunan kerjasama dengan Tiongkok, jawabannya adalah ‘Tidak’.” (ran)

Rekomendasi video:

Krisis Mematikan di Balik Perjamuan Mewah Tiongkok

https://www.youtube.com/watch?v=XYskDBnCmf4&t=1s