Israel Tumbuhkan Kewaspadaan Terhadap Investasi Tiongkok

Beijing telah mengarahkan investasi penting untuk pelabuhan dan rel kereta api Israel baru-baru ini, sementara juga membeli produk-produk kecerdasan buatan dan keamanan siber (cybersecurity), sistem-sistem teknologi tinggi, dan perangkat-perangkat elektronik buatan Israel untuk penggunaannya sendiri.

Sekarang, para pejabat Israel semakin khawatir tentang risiko keamanan dari ambisi-ambisi Tiongkok.

“Anehnya, kami tidak memiliki badan yang mengawasi operasi perusahaan-perusahaan Tiongkok di Israel dan itu sangat mengkhawatirkan,” seorang anggota legislatif senior dari Komite Luar Negeri dan Keamanan mengatakan kepada Breaking Defence, sebuah situs berita online yang berbasis di AS yang mencakup isu-isu yang terkait dengan pertahanan, dalam laporan 16 Oktober.

Pada bulan September, Shaul Horev, seorang ahli strategi maritim Israel dan mantan kepala staf angkatan laut, mengajukan pertanyaan tentang penawaran Tiongkok yang berhasil mengoperasikan fasilitas pelabuhan baru di Haifa, melalui perusahaan milik negara Shanghai International Port Group. Haifa adalah pelabuhan tersibuk di Israel, dengan pangkalan angkatan laut yang menjadi rumah bagi armada utama negara tersebut, termasuk kapal selam nuklirnya yang bersenjata nuklir terbaru.

Kontrol Tiongkok atas pelabuhan Haifa tersebut membuat khawatir dunia militer karena lokasinya yang strategis akan memungkinkan Beijing untuk mengawasi armada-armada angkatan laut Barat yang melewati Haifa.

Tiongkok juga membangun, dan sekarang memiliki, Ashdod Port, pelabuhan kargo Israel yang berjarak 40 kilometer di selatan Tel Aviv, di bawah kontrak yang dimenangkan oleh perusahaan milik negara, China Harbor Engineering Company, tahun 2014.

“Operator-operator Tiongkok di pelabuhan tersebut akan dapat memantau pergerakan-pergerakan kapal AS secara dekat, mengetahui aktivitas pemeliharaan, dan dapat memiliki akses untuk menggerakkan peralatan ke dan dari situs-situs perbaikan, dan berinteraksi secara bebas dengan kru-kru kita selama periode yang berlarut-larut,” Gary Roughead, pensiunan Laksamana AS, mengatakan kepada Newsweek dalam wawancara 14 September.

Roughead, mantan kepala operasi angkatan laut AS, khawatir kerjasama militer Israel dengan AS akan menjadi rusak oleh kehadiran Tiongkok.

“Secara signifikan, sistem-sistem informasi dan infrastruktur baru terintegrasi dengan pelabuhan-pelabuhan tersebut, dan kemungkinan tentang sistem-sistem pengawasan elektronik dan informasi tersebut membahayakan keamanan siber dan informasi AS,” katanya kepada Newsweek.

Perusahaan-perusahaan Tiongkok juga semakin banyak berinvestasi dalam proyek-proyek infrastruktur dan pertanian besar di Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Terowongan-terowongan bukit Mount Carmel, rel kereta api jalur Acre-Carmiel, sistem transit kereta ringan Tel Aviv, kereta api listrik Tel Aviv-Jerusalem, dan dua situs desalinasi air, bernilai total puluhan miliar dolar, tunduk pada pembangunan perusahaan-perusahaan Tiongkok.

Pada tahun 2014, Bright Food Group milik negara Tiongkok telah mengakuisisi 56 persen dari produsen susu terbesar di Israel, Tnuva, sebesar US$2,5 miliar.

Para pejabat Israel telah waspada terhadap kemitraan-kemitraan ekonomi seperti itu, meskipun arus kas masuk.

“Israel harus melakukan bisnis dengan Tiongkok, tentu saja, tetapi tidak ada mekanisme serius untuk memastikan bahwa kami tidak menjual aset ekonomi utama dan pengetahuan teknologi yang berharga,” Ephraim Halevy, mantan kepala Mossad, badan intelijen nasional Israel, mengatakan kepada Jerusalem Post dalam artikel 20 September.

Halevy menambahkan bahwa hubungan Tiongkok yang tumbuh dengan Iran juga menjadi perhatian.

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Iran, berkontribusi besar terhadap modernisasi militer dan teknologi nuklir terakhir. Hal itu mengkhawatirkan bagi Israel, mengingat konflik yang sedang berlangsung dengan Iran.

LATAR BELAKANG

Israel dengan Tiongkok yang dikuasai Partai Komunis telah menjalin hubungan diplomatik resmi pada tahun 1992. Perdagangan bilateral pada tahun 1992 hanya $30 juta. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah itu telah menggelembung, melambung sekitar $8 miliar selama sekitar lima tahun sebelum tahun 2017. Menurut data dari Kementerian Ekonomi Israel, 40 persen dari semua investasi asing pada tahun 2015 berasal dari Tiongkok.

Sekarang, Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Israel di Asia. Pada tahun 2017, perdagangan bilateral mencapai $13,12 miliar, di mana Tiongkok mengekspor $8,92 miliar ke Israel dan mengimpor $4,20 miliar barang-barang Israel.

Dalam delapan bulan pertama tahun 2018, Israel mengekspor barang-barang senilai $3,5 miliar ke Tiongkok, meningkat 63 persen dari periode tahun sebelumnya.

Wang Qishan, wakil ketua Tiongkok, berencana untuk mengunjungi Israel dari tanggal 22 hingga 25 Oktober dengan delegasi besar, dalam upaya untuk meningkatkan perdagangan lebih lanjut. Kelompok ini akan mencakup Jack Ma, pendiri dan CEO raksasa teknologi Tiongkok, Alibaba.

Wang akan berpartisipasi dalam pembayaran keempat untuk KTT Inovasi Israel, pertemuan tentang perkembangan teknologi di sektor kesehatan, cyber, kedirgantaraan, dan pertanian yang akan diadakan 24–25 Oktober. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diperkirakan akan hadir.

Wang, sekutu dekat pemimpin Tiongkok Xi Jinping, akan menjadi pejabat tertinggi Tiongkok yang mengunjungi Israel dalam lebih dari satu dekade. (ran)

Rekomendasi video:

Misi Rahasia Penyelundupan Senjata Tiongkok di Afrika

https://www.youtube.com/watch?v=FlRR9JlP-sc