Produsen Baja Korea Selatan Khawatir Masuknya Baja Murah dari Tiongkok

Meningkatnya pesanan untuk para pembuat kapal Korea Selatan membuat produsen baja negara tersebut membunyikan alarm peringatan tentang masuknya impor baja Tiongkok yang lebih murah ke negara tersebut.

Permintaan yang meningkat oleh pembuat kapal, terutama untuk lempengan baja tebal, mengakibatkan IN South Korea mengimpor 149.488 ton baja pada bulan September, tertinggi bulanan untuk tahun ini, menurut artikel 18 Oktober oleh Business Korea, sebuah majalah bisnis dan keuangan berbahasa Inggris. Dari jumlah tersebut, 84.236 ton berasal dari Tiongkok, lebih dari dua kali lipat dari apa yang diimpor pada bulan Februari.

Total impor bulanan secara historis kurang dari 100.000 ton hingga Februari, Business Korea melaporkan, yang mengutip data dari Asosiasi Besi dan Baja Korea nirlaba.

POSCO, Hyundai Steel, dan Dongkuk Steel, tiga produsen baja utama Korea Selatan, memproduksi sekitar 9 juta ton pelat baja, dimana 5,6 juta ton masuk ke pasar domestik. Pembuat kapal lokal menerima 60 persen dari itu, atau sekitar 3,36 juta ton, dalam lempengan-lempengan baja.

Produsen baja Korea Selatan merasa tekanan untuk memangkas harga dalam menghadapi persaingan dari saingan Tiongkok, yang sering menjual dengan harga lebih murah.

Namun dengan meningkatnya biaya bahan baku, pembuat baja Korea Selatan benar-benar harus menaikkan harga lempengan tebal, dari 600.000 won Korea (sekitar $529) per ton tahun lalu, menjadi sekitar 700.000 won Korea (sekitar $617) per ton tahun ini.

Jika produsen baja Tiongkok memilih untuk terlibat dalam perang harga dengan produsen baja Korea Selatan, yang terakhir kemungkinan akan kalah. Impor pelat baja Tiongkok ke Korea Selatan akan meningkat, menurut Business Korea, yang menyatakan bahwa pembuat kapal Korea Selatan “sangat mungkin memilih produk Tiongkok daripada yang Korea.”

Hong Jeong-eui, kepala Kantor Kerjasama Perdagangan di Asosiasi Besi dan Baja Korea, mengatakan, “Produsen baja Tiongkok memiliki kapasitas produksi sekitar 15 kali lipat daripada produsen baja Korea. Jadi, jika beberapa produk mereka diekspor ke Korea, itu akan memberikan pukulan berat bagi para produsen baja Korea.”

Perang perdagangan Sino-AS juga memaksa Tiongkok untuk meningkatkan produksi baja, menurut Business Korea.

Pada September 2017, Beijing mengumumkan bahwa produsen baja di empat kota penghasil utama: Tangshan, Shijiazhuang, dan Handan di Provinsi Hebei, Tiongkok utara, selain Anyang di provinsi Henan Tiongkok tengah, akan memangkas produksi setengahnya untuk mengurangi kabut asap musim dingin. Selain itu, 28 kota dan wilayah juga diminta untuk memangkas produksi baja dan aluminium dalam upaya-upaya mengurangi polusi udara.

Namun pada akhir September, Beijing mengumumkan bahwa untuk musim dingin yang akan datang, ia akan melonggarkan target polusi udara sebelumnya: sebagai gantinya mengurangi tingkat PM2.5 sebesar 5 persen di wilayah Beijing – Tianjin – Hebei seperti yang diusulkan pada bulan Agustus, Beijing menurunkan target tersebut menjadi 3 persen.

PM2.5 mengacu pada partikel polusi di udara dengan diameter kurang dari 2,5 mikrometer.

Pengurangan target-target polusi akan memungkinkan para produsen baja untuk meningkatkan produksi mereka, yang, pada gilirannya, akan membantu menopang perekonomian Tiongkok di tengah kesengsaraan ekonomi.

Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Kanada telah menetapkan tarif anti dumping terhadap impor baja Tiongkok, sulit bagi pemerintah Korea Selatan untuk menerapkan langkah penanggulangan yang sama, menurut Business Korea.

“Sanksi pemerintah Korea pada produk-produk Tiongkok dapat memicu gesekan antara Korea dan Tiongkok, dalam hal politik dan diplomasi dan menyebabkan pemerintah Tiongkok untuk melakukan pembalasan pada para produsen baja Korea yang telah pindah ke Tiongkok,” tulis Business Korea.

Konglomerat Korea Selatan Lotte Group adalah kasus bagaimana rezim Tiongkok dapat membalas terhadap perusahaan-perusahaan asing jika negara mereka telah memancing kemarahan Beijing.

Pada tahun 2017, Beijing mendorong masyarakat untuk memboikot produk Korea Selatan dan menghentikan turis Tiongkok mengunjungi Korea Selatan, setelah Lotte setuju untuk menawarkan lahan di lapangan golfnya untuk menjadi tuan rumah bagi sistem pertahanan anti rudal THAAD Amerika Serikat. Bisnis Lotte di Tiongkok kemudian turun secara dramatis, dan perusahaan tersebut akhirnya menutup semua toko ritelnya di Tiongkok pada bulan Agustus ini.

Korea Selatan adalah salah satu yang memiliki kekuatan besar dalam pembuatan kapal sebelum kehilangan pangsa pasar ke Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. Beijing mendukung para produsen baja domestiknya melalui program-program subsidi dan taktik-taktik merger.

Bagaimanapun ada tanda-tanda bahwa dominasi Tiongkok tidak lagi berlaku. Pada bulan September, para pembuat kapal Korea Selatan telah mengatasi ketentuan rekan-rekan Tiongkok mereka dalam pesanan-pesanan pembuatan kapal, menggunakan ukuran tonase kotor yang dikompensasi, compensated gross tonnage (CTG), menurut Business Korea, mengutip data dari galangan kapal Inggris dan pelacak industri kelautan, Clarkson Research Services.

Para pembuat kapal Korea Selatan telah memenangkan 1,63 juta CGT untuk 28 kapal, dibandingkan dengan Tiongkok 350.000 CGT untuk 17 kapal. (ran)

Rekomendasi video:

Trump Kembali Mengeluarkan Peringatan Kepada Organisasi Perdagangan Dunia

https://www.youtube.com/watch?v=X9J-MX8QL1Y&t=124s