Skandal SpyGate: Apa yang Telah Kita Pelajari di Tahun 2018

Oleh Jeff Carlson

Tahun 2018 terbukti sebagai tahun banyak fakta mengejutkan yang memberikan kejelasan tentang peristiwa menjelang dan selama mengikuti pemilihan presiden 2016.

Sekarang jelas bahwa unsur-unsur dalam FBI, CIA, Departemen Kehakiman (DOJ), dan Departemen Luar Negeri secara aktif bekerja melawan kampanye Trump, dan bahwa unsur-unsur ini terus bekerja melawan pemerintahan Presiden Donald Trump setelah kemenangannya yang mengejutkan.

Segera setelah kemenangan Trump, upaya-upaya ini berfokus pada dua sisi penampilan: menghambat kemajuan efektivitas pemerintahan Trump yang baru dibentuk dan secara bersamaan bekerja menuju pengajuan tuduhannya.

Terlibat dalam upaya ini adalah media arus utama, yang hampir dengan gembira mempromosikan kisah demi kisah yang penuh dengan setengah kebenaran dan fakta-fakta berat sebelah.

Namun ketika kita memasuki paruh kedua 2017, presiden terus-menerus mengejutkan dan mengacaukan oposisi. Pemerintahannya mulai menegaskan dirinya sendiri, dan penampilan luar untuk kontrol diberikan pada FBI dan DOJ di tingkat-tingkat paling senior.

Pada awal tahun 2018, pembersihan untuk penyortiran orang tampaknya telah terjadi; sejumlah individu terkenal tiba-tiba mengundurkan diri atau dipecat. Mantan Deputi Direktur FBI Andrew McCabe dipecat dan saat ini menjadi subjek penyelidikan juri agung yang sedang berlangsung.

Investigasi oleh penasihat khusus Robert Mueller, yang dimulai pada Mei 2017, mulai membalikkan dakwaan-dakwaan, namun secara nyata telah gagal menghasilkan bukti tentang kolusi di pihak kampanye Trump. Setiap dakwaan dari Mueller secara khusus mencatat tidak ada kolusi yang dilakukan oleh warga negara Amerika mana pun. Penasihat khusus tersebut tampaknya terutama berfokus pada pelanggaran-pelanggaran Undang-Undang Pendaftaran Agen Asing (Foreign Agents Registration Act), dan jual beli pengaruh (influence peddling) di bawah pemerintahan Obama.

Pada saat yang sama, banyak investigasi, termasuk investigasi terkemuka terhadap penyalahgunaan Foreign Intelligence Surveillance Act (FISA), yang dilakukan oleh Inspektur Jenderal DOJ Michael Horowitz, masih sedang berlangsung.

Menantikan tahun 2019, pertanyaan menjadi “siapa yang akan bertanggung jawab?”; “Seberapa tinggi tangga politik investigasi itu?”, dan “akankah beberapa pemain yang lebih menonjol, seperti mantan Direktur CIA John Brennan, menjadi bagian dari fokus investigasi?”

Klik pada timeline untuk memperbesar.

INVESTIGASI MUELLER

Investigasi Mueller telah terbukti menjadi masalah emosional dan sumber keprihatinan bagi banyak orang. Namun ada beberapa fakta yang berpotensi meyakinkan bagi mereka yang peduli bahwa penasihat khusus tersebut sedang bertindak di luar batas. Investigasi Mueller telah menunjukkan keluar tema umum: jual beli pengaruh dan pelanggaran FARA. Dan sebagian besar investigasinya, seperti investigasi terhadap Paul Manafort, berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum Trump. Sejauh ini, belum ada tuduhan kolusi dalam surat dakwaan Mueller yang berkaitan dengan presiden.

skandal spygate bill clinton
Penasihat khusus Robert Mueller (kiri) tiba di Capitol AS untuk pertemuan tertutup dengan anggota Komite Kehakiman Senat di Washington pada 21 Juni 2017. (Alex Wong / Getty Images)

Tidak diketahui secara luas bahwa Trump, Rosenstein, dan Mueller telah bertemu pada 17 Mei 2017, sehari sebelum penunjukan Mueller. Seolah-olah, pertemuan itu tentang apakah Mueller akan menerima peran direktur FBI, tetapi ini tampaknya untuk membuat sedikit masuk akal.

Mueller sebelumnya telah menjabat sebagai direktur FBI dari tahun 2001 hingga 2013, dua tahun setelah masa jabatan 10 tahun normal untuk seorang direktur FBI. Pada tahun 2011, Obama meminta Mueller tetap sebagai direktur FBI selama dua tahun tambahan, yang membutuhkan persetujuan khusus dari Kongres. Masa jabatan baru hampir pasti akan ditentang.

Penunjukan Mueller pada tanggal 17 Mei tersebut menghasilkan satu hal yang sangat penting: Ini telah mengalihkan control Investigasi Rusia dari FBI dan McCabe ke Mueller. Rosenstein akan mempertahankan otoritas tertinggi atas penyelidikan tersebut, dan setiap perluasan penyelidikan Mueller memerlukan otorisasi dari Rosenstein.

Pada 2 Agustus 2017, Rosenstein secara diam-diam memberi Mueller sebuah memo Ruang Lingkup Investigasi & Definisi Otoritas yang telah direvisi dengan mengubahnya sangat berat. Tujuan sepenuhnya dari Memo ini masih belum diketahui dan hanya sedikit yang telah melihat versi yang tidak diubah.

Dua orang yang telah melihat versi yang tidak diubah adalah Hakim Distrik AS, T.S. Ellis III, yang memimpin persidangan Manafort, dan yang baru saja bertindak sebagai Jaksa Agung, Matthew Whitaker.

Tidak ada orang yang memberikan indikasi apa pun bahwa ada masalah dengan isi memo dari Rosenstein tersebut.

skandal bill clinton dalam pemilu presiden amerika
Wartawan berkumpul di luar markas Orbis Business Intelligence, perusahaan yang dikelola oleh mantan perwira intelijen Christopher Steele, di London pada 12 Januari 2017. (Leon Neal / Getty Images)

BERKAS-BERKAS DOKUMEN STEELE

Saat kita mendekati akhir tahun, satu hal yang menentukan menyisakan catatan berharga:

Berkas-berkas Steele telah dibantah.

Steele mengakui dalam pengajuan pengadilan baru-baru ini bahwa ia dibayar untuk tujuan memberikan informasi yang akan memungkinkan Hillary Clinton untuk menantang validitas pemilu 2016. Meskipun tantangan legal hukum tidak pernah diajukan, berkas-berkas Steele tersebut, yang tetap tidak didukung oleh FBI, digunakan secara tepat untuk tujuan yang diharapkan, termasuk perannya dalam memperoleh surat perintah FISA untuk memata-matai penasihat kampanye Trump, Carter Page.

Michael Isikoff, reporter Yahoo News yang bertemu dengan Steele pada bulan September 2016, baru-baru ini telah mengaku memiliki keraguan yang signifikan tentang berkas dokumen tersebut:

“Ketika Anda benar-benar terlibat dalam rincian berkas Steele, tuduhan-tuduhan spesifiknya, kami belum melihat bukti untuk mendukung mereka, dan, pada kenyataannya, ada alasan bagus untuk berpikir bahwa beberapa tuduhan yang lebih sensasional tidak akan pernah terbukti dan kemungkinan salah.”

Mantan Direktur FBI James Comey baru-baru ini telah bersaksi bahwa berkas Steele tidak diperiksa sejak Mei 2017. Sekali lagi, berkas tersebut digunakan sebagai bukti utama oleh FBI untuk mendapatkan surat perintah FISA untuk mematai-matai Page pada 21 Oktober 2016.

Berkas Steele, ditulis oleh agen nasional Inggris dan mantan MI6, digunakan oleh FBI dan CIA, dan ringkasan dokumen tersebut diberikan langsung kepada Presiden Barack Obama. Namun, untuk semua bobot yang melekat pada dokumen ini, sebagian besar pernyataannya tidak pernah terbukti faktual, banyak yang terbukti salah, dan tetap belum diverifikasi sampai hari ini.

Yang mungkin cocok untuk sebuah dokumen yang awalnya dimaksudkan untuk digunakan oleh Clinton meragukan pemilu tersebut dalam acara yang diadakan berikutnya saat itu tidak mungkin ia kalah. (ran)

Artikel ini adalah bagian dari seri Tahun Spesial dalam Ulasan kami. Klik di sini untuk semua konten.

Rekomendasi video:

Upaya Memfitnah Trump, Komunis Tiongkok Salah Perhitungan

https://www.youtube.com/watch?v=sEKHPv1N5-o