Kongres Amerika Calonkan Ekonom Uighur yang Dipenjara untuk Hadiah Nobel Perdamaian

Dua anggota kongres AS telah mencalonkan seorang warga negara Tiongkok yang dipenjara untuk Hadiah Nobel Perdamaian.

Ilham Tohti, etnis Uighur yang merupakan ekonom, penulis, dan profesor, telah berjuang untuk memajukan saling “pengertian dan keharmonisan” antara etnis Han Tiongkok dan Muslim Uighur di Tiongkok, menurut surat dari anggota parlemen.

Anggota Parlemen Chris Smith (R-N.J.) dan Senator Marco Rubio (R-Fla.) Menominasikan Tohti untuk hadiah tersebut pada 30 Januari. Baik Smith maupun Rubio pernah menjabat sebagai ketua Komisi Eksekutif Kongres Urusan Tiongkok (Congressional-Executive Commission on China) bipartisan.

Smith dan Rubio bekerja bersama dalam menulis surat untuk nominasi Tohti. Sekelompok anggota parlemen dua partai dan bikameral telah menandatangani surat itu.

“Ilham Tohti pantas menerima Hadiah Nobel Perdamaian, bukan hukuman penjara,” kata Smith. “Dia mengabdikan hidupnya untuk membina hubungan damai antar komunitas etnis di Tiongkok dan karena ini dia dipenjara, disiksa, dan keluarganya terancam dan hancur secara finansial.”

Smith menggambarkan tindakan Partai Komunis Tiongkok (PKT) di wilayah Xinjiang tersebut sebagai “menjijikkan,” karena PKT telah menghancurkan budaya Uighur dan agama Muslimnya. Dia juga mengutuk PKT karena berusaha mengasimilasi lebih dari satu juta Uighur melalui kamp-kamp “pendidikan ulang politik”.

“Sementara pemerintah Tiongkok telah menciptakan perpecahan dan keputusasaan, Ilham Tohti berusaha mempromosikan rekonsiliasi dan toleransi secara damai; untuk ini dia layak menerima Hadiah Nobel Perdamaian,” kata Smith. “Perjuangannya penting dan harus diakui sekarang lebih dari sebelumnya.”

Jewhar Ilham, anak perempuan Ilham Tohti
Jewher Ilham, putri Ilham Tohti, memberikan kesaksian di Komisi Kongres-Eksekutif urusan Tiongkok di Capitol Hill di Washington pada 8 April 2014. (SAUL LOEB / AFP / Getty Images)

Rubio juga mengkritik PKT karena menahan jutaan orang Uighur. “Pencalonan ini tidak boleh lewat dari waktu yang tepat karena pemerintah Tiongkok dan Partai Komunis terus-menerus melakukan pelanggaran HAM berat,” kata Rubio.

Tohti secara tidak adil telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena tuduhan “separatisme,” oleh pengadilan di Xinjiang pada September 2014, menurut surat yang ditujukan kepada komite Hadiah Nobel Perdamaian.

“Perjuangan yang berani dari Profesor Tohti telah mewujudkan dengan tepat jenis wawasan dan bimbingan tentang masalah antar etnis yang harus dianut oleh para pejabat Tiongkok yang, sebaliknya, telah memilih untuk membungkam Profesor Tohti,” tulis dalam suratnya.

TOHTI DAN XINJIANG

Sebelum penangkapannya, Tohti telah bekerja di Universitas Minzu Tiongkok di Beijing. Komentarnya dianggap masuk akal, meskipun kritis terhadap kebijakan-kebijakan PKT tentang Xinjiang dan Uighur.

Ilham Tohti memberi kuliah di Universitas Minzu Tiongkok
Dengan kamera pengintai keamanan yang diletakkan di atas podium dosen, profesor universitas, blogger, dan anggota minoritas Muslim Uighur, Ilham Tohti memberikan ceramah di sebuah ruang kuliah di Beijing pada 12 Juni 2010. (FREDERIC J. BROWN / AFP / Getty Images)

Tohti telah dituduh melakukan tindak kejahatan melawan “rezim kediktatoran demokratik rakyat dan sistem sosialisnya.” Tuduhan itu termasuk “ketidakharmonisan etnis” dan “kekacauan etnis,” definisi yang ditentukan oleh ideologi Partai, daripada hukum.

Terlepas dari tuduhan separatisme, Tohti telah menentang kemerdekaan Xinjiang dan menganjurkan dialog terbuka untuk menyelesaikan ketegangan antara etnis Uighur dan etnis Han.

Tohti sebelumnya mengelola sebuah situs web, menulis esai, dan melakukan wawancara-wawancara dengan media Barat tentang kebijakan PKT di Xinjiang. Pasukan keamanan kemudian membawanya kembali ke Xinjiang, di mana ia menerima hukuman seumur hidup.

usulan nobel perdamaian untuk Ilham Tohti warga uighur
Pejalan kaki berjalan melewati poster-poster propaganda anti-teroris yang ditempel di sepanjang jalan-jalan di Urumqi, wilayah Xinjiang Tiongkok bagian barat laut, pada 16 September 2014. (GOH CHAI HIN / AFP / Getty Images)

PROPAGANDA ANTI-MUSLIM

Sejak tahun 2014, PKT telah meningkatkan tekanan-tekanan pada orang-orang Uighur di Xinjiang, yang memuncak dalam kampanyenya, mulai tahun lalu, menangkap warga secara massal dan menempatkan mereka di kamp-kamp penahanan. PKT telah membenarkan perlakuannya terhadap orang-orang Uighur tersebut sebagai upaya “anti terorisme”.

Berita resmi juga mulai mengkritik budaya-budaya Uighur, termasuk pakaian, rambut wajah, dan sekolah keagamaan. Semakin banyak orang Tionghoa Han yang bermigrasi ke wilayah itu, dan beberapa pejabat bahkan memberikan tunjangan-tunjangan untuk menikahi orang-orang Uighur.

Mengingat pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia tersebut, PBB sedang bersiap untuk memeriksa kamp-kamp pendidikan ulang Xinjiang. Para pejabat di Xinjiang berusaha dengan cepat menutupi tindakan mereka, dengan memaksa para tahanan menandatangani perjanjian kerahasiaan dan mengirim para tahanan ke wilayah lain, menurut laporan Epoch Times sebelumnya. (ran)

Video pilihan:

Tiongkok Memoles Kamp Penahanan Uighur, untuk Hindari Inspeksi Internasional

https://www.youtube.com/watch?v=Uv1RJYlnXnE