Erabaru.net. Seorang wanita berada di pasar di Manila, Philipina, untuk berbelanja bahan makanan mingguan ketika dia tiba-tiba melihat hal terakhir yang dia harapkan di bagian makanan laut segar.

Dalam sebuah postingan Facebook tertanggal 14 April yang telah menjadi viral, pengguna Reg O. Carlotta menulis betapa kecewanya dia melihat sebuah kios yang menjual ikan nuri di antara ikan segar dan makanan laut yang dipajang.

“Pagi ini saya pergi ke pasar (Pasar Alabang) untuk membeli daging dan makanan laut. Saya menikmati obrolan saya yang biasa dengan penjual. Dalam perjalanan keluar dari bagian ikan, saya melewati sebuah kios yang menjual IKAN NURI !!! ”Carlotta menulis dalam posting Facebook-nya.

Carlotta kemudian melanjutkan mengapa yang terbaik adalah tidak makan ikan nuri meskipun itu adalah kenikmatan gastronomi di beberapa bagian dunia.

(Foto: Facebook / Reg O. Carlotta)

“Ada alasan penting mengapa kita tidak harus memakannya dan dapatkah kita mendidik para nelayan untuk berhenti menangkap ikan-ikan cantik ini!” Tambahnya.

Menurut Carlotta, ikan nuri membantu menyelamatkan terumbu karang dari invasi alga. Mereka juga membantu memakan karang mati dan menghabiskan sebagian besar hari mereka memakan alga dari terumbu karang.

Dengan kata lain, ikan nuri membantu membersihkan terumbu karang dari alga.

(Foto: S. Bysshe)

“Setelelah memakan semua itu, mereka membuang kotoran halus pasir putih- banyak sekali! Setiap parrotfish menghasilkan hingga 320 kilogram pasir setiap tahun, ”lanjut Carlotta.

“Jumlah mereka semakin berkurang, dan tingkat alga sangat tinggi, sehingga mereka tidak boleh ditangkap secara berkelanjutan di mana pun di Karibia. Ikan yang indah, pemakan alga, dan pasir ini harus ditinggalkan di air. Dan ketika mereka dibiarkan hidup, mereka melakukan pekerjaan yang cemerlang. Sebuah laporan besar baru-baru ini menyimpulkan bahwa terumbu karang, tempat ikan nuri melimpah pada tahun 1980-an, adalah terumbu karang yang sehat sekarang. ”

Menurut Virgin.com, karena banyak terumbu karang yang hampir mati dan tingkat alga begitu tinggi, ikan kakatua bukanlah tangkapan yang memungkinkan pada saat itu.

(Foto: Facebook / Reg O. Carlotta)

Carlotta kemudian mengakhiri postingannya dengan mengingatkan semua orang untuk tidak mengonsumsi ikan nuri. “Katakan tidak untuk menangkap ikan nuri! Jangan membeli ikan nuri sehingga mereka tidak akan menangkapnya lagi.”

Rupanya, ada beberapa penelitian yang mendorong orang untuk tidak mengonsumsi ikan nuri.

Laporan itu mengatakan bahwa di beberapa bagian Karibia yang lebih luas di mana ikan nuri dilindungi, telah ada beberapa peningkatan dalam kesehatan karang.

(Foto: Wikipedia)

Tentu saja tidak ada salahnya untuk tidak makan ikan nuri karena ada banyak pilihan makanan laut lain yang bisa kita makan. Jadi, mari kita lakukan bagian kita untuk membantu menyelamatkan terumbu karang dari kematian dengan tidak memakan ikan nuri.(yant)

Sumber: Goodtimes

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular