Organisasi HAM Menyerukan kepada Kongres AS untuk Menyelidiki Genosida di Tiongkok

May Hawkins – The Epochtimes

Erabaru.net. Sebuah organisasi hak asasi manusia terkemuka menyerukan kepada Kongres Amerika Serikat untuk menyelidiki apakah pengambilan organ secara paksa yang dilakukan di Tiongkok sebagai praktik genosida.

“Pengambilan organ paksa secara sistematis dan berskala besar dari tahanan hati nurani di Tiongkok harus ditangani. Genosida bukanlah urusan internal satu negara, tetapi urusan global umat manusia,” kata Dr. Torsten Trey, Direktur Eksekutif of Doctors Against Forced Organ Harvesting -DAFOH –  ketika menjelaskan seruan kelompok itu untuk penyelidikan kongres AS.

Menurut Statuta Roma dan Undang-Undang no. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, genosida ialah Perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama dengan cara membunuh anggota kelompok; mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota kelompok; menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang menciptakan kemusnahan secara fisik sebagian atau seluruhnya; melakukan tindakan mencegah kelahiran dalam kelompok; memindahkan secara paksa anak-anak dalam kelompok ke kelompok lain.

Masalah pengambilan organ di Tiongkok telah menjadi terkenal setelah putusan akhir yang dikeluarkan pada 17 Juni oleh Pengadilan Tiongkok atau China Tribunal, sebuah pengadilan independen untuk menyelidiki tentang pengambilan organ secara paksa dari tahanan hati nurani di Tiongkok.

Pengadilan dibentuk di London untuk mengatasi kesenjangan dalam penyelidikan yang sedang berlangsung untuk pengambilan organ di Tiongkok.

“Sidang parlemen di beberapa negara telah mendengarkan bukti tentang masalah ini, dan beberapa telah mengeluarkan undang-undang sebagai tanggapan,” situs web pengadilan itu menyatakan.

“Namun hingga saat ini, belum ada penyelidikan tentang bagaimana jika ada kejahatan telah dilakukan dengan pengambilan organ secara paksa oleh Negara Tiongkok atau badan yang disetujui negara.”

Pengadilan menemukan bahwa pembunuhan tahanan di Tiongkok untuk organ mereka terus berlanjut sejak pertama kali diungkapkan oleh saksi dari Tiongkok pada tahun 2006.

Temuan pengadilan mengakui bahwa unsur-unsur genosida “ditetapkan dengan jelas” dalam praktik pengambilan organ di Tiongkok dan secara eksplisit mengundang penyelidikan lebih lanjut tentang genosida.

“DAFOH menggemakan panggilan Tribunal untuk penyelidikan lebih lanjut dan mendesak Kongres AS untuk menggelar proses resmi untuk menentukan sejauh mana praktik itu dan sejauh mana itu merupakan genosida,” demikian bunyi rilis berita DAFOH.

Aksi Cepat

Trey mendesak Kongres dan administrasi Trump bertindak segera untuk membantu menghentikan kejahatan yang terus-menerus terjadi di Tiongkok.

“Kongres dapat mengakhiri pengambilan organ paksa di Tiongkok jika itu akan ditentukan untuk melakukannya,” kata Trey.

Dia juga mendesak Presiden Trump untuk mengangkat masalah pengambilan organ secara paksa kepada pemimpin Tiongkok Xi Jinping. Trey bertanya : Siapa yang akan mencari kesepakatan dagang dengan pelaku genosida? Bukankah kesepakatan dagang seperti itu juga akan digunakan untuk menutupi genosida? Landasan etis dari kesepakatan perdagangan semacam itu akan hilang.

Genosida Dingin

Trey mengatakan laporan pengadilan bertepatan dengan temuan oleh anggota DAFOH, yang menggambarkan kampanye pengambilan organ oleh rezim komunis Tiongkok sebagai “genosida dingin” terhadap praktisi Falun Gong di Tiongkok.

Partai Komunis Tiongkok meluncurkan kampanye pada Juli 1999 untuk memberantas – kata yang digunakan dalam dokumen internal Partai Komunis Tiongkok – latihan Falun Gong.

Falun Gong, juga dikenal sebagai Falun Dafa, adalah disiplin spiritual berdasarkan prinsip-prinsip Sejati-Baik-Sabar. Latihan Ini mencakup seperangkat ajaran moral dan latihan meditasi dalam gerakan yang lembut.

Pemimpin Partai saat itu, Jiang Zemin, takut bahwa prinsip-prinsip moral tradisional Falun Gong mungkin terbukti lebih menarik bagi orang-orang Tiongkok daripada dogma ateistik dan materialistis Partai komunis Tiongkok.

Outlet berita Barat pada awal 1999 mengutip para pejabat rezim Komunis Tiongkok yang mengatakan ada 100 juta praktisi Falun Gong – lebih banyak dari jumlah anggota Partai Komunis Tiongkok.

Kampanye yang diluncurkan Jiang Zemin menggunakan propaganda, pemecatan dari pekerjaan dan sekolah, penghilangan perumahan, penyitaan properti, penahanan, cuci otak, dan penyiksaan untuk mencoba memaksa orang-orang di Tiongkok untuk melepaskan Falun Gong.

Minghui.org, yang berfungsi sebagai clearinghouse untuk informasi tentang penganiayaan terhadap Falun Gong, telah mengkonfirmasi kematian sebanyak 4.316 praktisi Falun Gong karena penyiksaan dan penganiayaan. Jumlah sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi, karena kesulitan mendapatkan informasi dari Tiongkok.

Selain itu, sejumlah besar praktisi Falun Gong telah terbunuh melalui pengambilan organ secara paksa. Laporan investigasi 2016 diungkap, “Bloody Harvest/The Slaughter: an Update” is “a meticulous examination of the transplant programs of hundreds of hospitals in China,” menurut situs webnya.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa, sejak Tahun 2.000, rumah sakit Tiongkok telah melakukan antara 60.000 dan 100.000 transplantasi organ setiap tahun, dengan praktisi Falun Gong menjadi sumber utama organ. “Salah satu ciri genosida dingin adalah bahwa pemberantasan kelompok sasaran terjadi secara perlahan-lahan, kata Trey.

Rezim komunis Tiongkok telah menggunakan propaganda kebencian untuk menyesatkan orang-orang Tiongkok dan komunitas internasional, mencegah investigasi genosida yang dilakukan terhadap para praktisi.

“Kampanye untuk menyebut Falun Gong sebagai ‘kultus’ telah menjadi bagian dari genosida dingin, karena berusaha menyembunyikan pemberantasan kelompok,” katanya.

“Pengadilan menetapkan bahwa unsur-unsur genosida terhadap Falun Gong telah terjadi. Tapi itu tidak bisa menyimpulkan apakah ada niat, yang merupakan komponen penting untuk mendefinisikan genosida. ”

Pertanyaan Tentang Maksud

Trey mengatakan diskusi hukum tentang istilah “Maksud” atau niat telah berkembang selama 70 tahun terakhir, tetapi bagaimanapun, fakta menunjukkan niat rezim Komunis Tiongkok untuk melakukan genosida dalam gerakan perlahan-lahan.

Dia memberikan bukti: “Partai Komunis Tiongkok menciptakan Kantor 610, pasukan polisi rahasia mirip Gestapo dengan kekuatan ekstra-hukum dengan tujuan hanya menganiaya Falun Gong.“

Setiap hari selama lebih dari dua dekade, laporan media yang dikontrol negara mengarang berita negatif tentang Falun Gong. Pada tahun 2001, drama tipuan bakar diri diperagakan di Lapangan Tiananmen untuk memanipulasi opini publik terhadap Falun Gong.

“Semua faktor ini tidak akan terjadi tanpa niat. Maksud dalam ‘genosida dingin’ yang berlangsung perlahan bisa lebih halus daripada niat dalam genosida yang terlihat. ”

Trey mengatakan alasan pengadilan tidak mempertimbangkan bahwa niat genosida dingin terhadap Falun Gong mungkin lebih halus.

Dia mengungkapkan keprihatinan bahwa posisi pengadilan atas niat “mungkin bermain langsung ke tangan para pelaku,” sementara ia bersyukur bahwa tidak membantah genosida mungkin telah terjadi dan menyerukan penyelidikan lebih lanjut.

Catatan Sejarah

Trey menyerukan pernyataan oleh Ketua Kongres Amerika Serikat, Nancy Pelosi, yang telah menjadi pemimpin dalam menentang pelanggaran hak asasi manusia oleh Komunis Tiongkok.

“Kami berbicara tentang kejahatan terhadap kemanusiaan yang telah berlangsung selama lebih dari 20 tahun!” katanya.

“Penghukumannya di depan umum. Itu menciptakan catatan sejarah. Mengingat berat dan mendesaknya masalah ini, seseorang tidak dapat mengklaim lagi bahwa dia tidak tahu. Setiap tindakan atau non-aksi dalam bentuk akan atau mulai sekarang, juga menjadi bagian dari catatan sejarah.”

Trey memberikan contoh bagaimana, lebih dari 75 tahun silam, Presiden Amerika Serikat, Franklin D. Roosevelt dan kemudian Hakim Agung Felix Frankfurter mengetahui terjadinya pembunuhan orang-orang Yahudi oleh Nazi di kamp-kamp konsentrasi. Namun mereka tidak mengambil tindakan untuk menghentikannya.

“Tidak adanya aksi menjadi catatan sejarah,” katanya.

Pernyataan dari sejumlah pihak dalam pengadilan Independen di London itu juga akan menjadi bagian dari catatan sejarah.

Trey mendesak Kongres AS untuk memulai penyelidikan dan dengar pendapat tentang kejahatan pengambilan organ secara paksa di Tiongkok.

“Kita perlu tahu apa yang terjadi. Kita perlu mencari tahu apakah sebuah genosida terjadi, dan sampai sejauh mana orang Amerika secara tidak langsung terlibat atau secara tidak sadar mendapat manfaat dari kejahatan terhadap kemanusiaan ini. “

Dia menyarankan agar investigasi dapat mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

“Apakah perusahaan Amerika yang menjual produk medis atau obat-obatan farmasi ke Tiongkok dan mempertahankan penyalahgunaan transplantasi?

“Apakah universitas-universitas Amerika melatih para dokter Tiongkok untuk menjadi ahli bedah transplantasi yang lebih baik, yang kemudian mempertahankan penyalahgunaan transplantasi di Tiongkok?

“Apakah pelaku genosida memasuki Amerika Serikat sebagai turis atau peserta konferensi medis?

“Apakah pasien Amerika melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk menerima transplantasi, tidak tahu bahwa permintaan medis mereka mungkin memulai terjadinya pembunuhan terhadap seorang tahanan hati nurani?”