Bagaimana Wabah Virus Corona COVID-19 Wuhan Berubah Menjadi Drama Politik? Bersama Ahli Mikrobiologi Dr. Lin Xiaoxu


Lin Xiaoxu: Jadi saya pikir pemerintah Tiongkok akan dapat mengendalikan situasi dengan cara tertentu dalam skala dan derajat tertentu. Karena tentu saja memobilisasi begitu banyak sumber daya nasional ke Wuhan, misalnya. Tentu saja, pemerintah Tiongkok akan benar-benar  memperlambat lalu lintas makanan di kota-kota atau memperlambat penularan penyakit. Cara-cara semacam ini.

Tetapi bagaimana dengan masalah lain yang sudah terjadi seperti 5 juta orang yang melarikan diri dari Wuhan ke kota-kota lain? Bagaimana pemerintah Tiongkok menangani situasi ini? Jadi itu sebabnya tujuan pemerintah Tiongkok tidak benar-benar serius berurusan dengan seluruh situasi. Pemerintah Tiongkok hanya berusaha melihat, oke ini adalah tempat saya dapat membuat drama politik, saya dapat menunjukkan Partai Komunis Tiongkok begitu agung. Itulah mengapa masalah pertama adalah tujuan Partai Komunis Tiongkok dan kemudian secara praktis karena sistem pemerintah adalah hierarkis, jadi pejabat Tiongkok hanya mengikuti perintah atasannya.

Dan pejabat Tiongkok bukan benar-benar pejabat terpilih sehingga pada dasarnya pejabat Tiongkok tidak punya tanggung jawab kepada rakyat Tiongkok. Jadi tentu saja pejabat Tiongkok harus mengikuti kepemimpinan dari pemerintah pusat. Jadi di Tiongkok, anda melihat banyak kota mulai menyalin dari Wuhan. Kini Tiongkok berada di respons tingkat satu, pemerintah Tiongkok juga berusaha menutup lalu lintas, semua langkah berbeda ini.

Jadi hal tersebut akan menunjukkan kepada rakyat Tiongkok bahwa Partai Komunis Tiongkok mengambil langkah-langkah yang sangat aktif, tetapi pada saat yang sama, bagaimana dengan semua sumber daya lainnya? Bagaimana Partai Komunis Tiongkok memobilisasi mereka?

Bagaimana Partai Komunis Tiongkok mendukung kehidupan rakyat Tiongkok dengan cara yang sangat komprehensif? Jadi, bagaimana kalau ada transparansi yang perlu dilihat oleh rakyat, di tingkat lokal seperti apa tantangan itu? Jadi ini adalah bagian yang paling sulit di Tiongkok, pemerintah Tiongkok tidak memberitahu rakyat Tiongkok sisi sulit, sisi gelap, bagian yang menantang, tragedi yang diderita rakyat Tiongkok, itulah mengapa sangat sulit untuk mengetahuinya situasi.

Simone Gao: Tetapi pada titik tertentu, Partai Komunis Tiongkok harus menghadapi kenyataan. 5 Juta orang sudah meninggalkan Wuhan. Jika ada wabah besar lain di wilayah lain di Tiongkok sementara Partai Komunis Tiongkok sibuk menampilkan drama politik ini, bukankah akan membuat rakyat Tiongkok benar-benar marah dan membahayakan pemerintahan Tiongkok?

Lin Xiaoxu: Saya pikir pemerintah Tiongkok, pemerintah pusat saat ini, berharap wabah ini seperti wabah SARS, yang pada akhirnya dapat ditatalaksana oleh mereka.

Simone Gao: Dengan sendirinya. Maksud saya, menghilang begitu saja?

Lin Xiaoxu: Dengan cara tertentu lenyap dengan sendirinya dan dengan cara tertentu pemerintah Tiongkok dapat menunjukkan bahwa pemerintah Tiongkok dapat memobilisasi sumber daya. Seperti di Beijing, pemerintah Tiongkok membangun rumah sakit Xiao Tangshan, membangun model ini menunjukkan kepada rakyat Tiongkok bahwa pemerintah Tiongkok dapat mengendalikan ribuan orang dan akhirnya menaklukkan masalah. Jadi pemerintah Tiongkok berharap masalah wabah ini mirip wabah SARS. Dan itulah taruhan pemerintah Tiongkok.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular