Bagaimana Wabah Virus Corona COVID-19 Wuhan Berubah Menjadi Drama Politik? Bersama Ahli Mikrobiologi Dr. Lin Xiaoxu

Simone Gao: Jadi, apakah menurut anda keadaan di Wuhan akan jauh lebih buruk pada hari-hari, minggu-minggu mendatang?

Lin Xiaoxu: Saya pikir anda masih akan melihat peningkatan besar kasus infeksi  di Wuhan dan seluruh Tiongkok. Lebih banyak provinsi akan memiliki lebih banyak kasus yang dilaporkan. Apalagi kini pemerintah Tiongkok setidaknya memproduksi lebih banyak kit diagnostik dan memasok ke berbagai daerah. Jadi banyak tempat lain mulai dapat menguji jenis Coronavirus baru. Jadi, anda akan melihat lebih banyak kasus yang dilaporkan.

Tetapi di saat yang sama, saya juga mempertanyakan alat tatalaksana pemerintah Tiongkok. Karena sekali angkah-langkah diagnostik diidentifikasi oleh WHO, oleh ilmuwan Tiongkok, setiap rumah sakit di Tiongkok, selama memiliki kapasitas, anda dapat memesan hal yang pokok ini, memesan kit pengujian ini melalui sumber komersial. Bahkan anda dapat menggunakan produk perusahaan farmasi asing untuk mendukungnya. Anda harus terbuka dan membiarkan orang memesannya dengan cara yang berbeda daripada menunggu pemerintah pusat untuk melakukannya.

Simone Gao: Saya berasumsi anda pasti telah melihat laporan itu, saya pikir laporan itu dari The Epoch Times Amerika. The Epoch Times melaporkan pihak berwenang medis Tiongkok membatasi jumlah kit pengujian yang dapat digunakan rumah sakit. Tetapi dengan melakukan itu, pihak berwenang medis Tiongkok dapat membatasi…

Lin Xiaoxu: Jumlah kasus dipastikan

Simone Gao: Maksud saya demikian…

Lin Xiaoxu: Itu sebabnya, dari Amerika Serikat, dari perspektif luar negeri. Anda selalu memiliki (waktu yang sulit) untuk mengatakan situasi yang sebenarnya di Tiongkok jika hanya mengandalkan data resmi Tiongkok.

Jadi permohonan saya kepada pemerintah Amerika Serikat dan untuk Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat adalah: Jangan gunakan data resmi Tiongkok sebagai satu-satunya sumber untuk mengetahui  situasi wabah ini yang sebenarnya. Secara pasti berusaha bekerja sama dengan media independen dan dapatkan informasi melalui jejaring sosial Tiongkok. Banyak rumah sakit, mungkin dokter, perawat, mereka benar-benar akan memberitahu situasi melalui video selfie mereka sendiri.

Simone Gao: Anda baru saja mengatakan jangan menggunakan data sumber resmi pemerintah Tiongkok sebagai satu-satunya sumber, saya mengatakan mungkin tidak menggunakan data sumber resmi pemerintah Tiongkok sama sekali karena mungkin bertentangan dengan situasi yang sebenarnya. Jika anda mendengarkan pemerintah Tiongkok, kemungkinan pemerintah Tiongkok memberikan informasi yang sangat menyesatkan.

Lin Xiaoxu: Ya, hal itu dapat sangat menyesatkan dan itu sebabnya anda harus menguraikan pesan tersirat di balik pesan komunis. Dan saya biasa melakukannya dan memang begitu sulit, bukan? Jadi alasan pemerintah memberi rakyat citra yang sangat positif itu adalah untuk mengendalikan situasi, tetapi pada saat yang sama, anda tahu pesan agen kotamadya di Wuhan meminta pemerintah pusat untuk memungkinkan mereka memperpanjang waktu liburan hingga tanggal 14 Februari? Jadi lebih lama dari periode dua minggu, bukan? Karena kalau dipikir-pikir, Coronavirus mungkin memiliki masa inkubasi selama dua minggu.

Jadi anggaplah Wuhan dikarantina pada tanggal 23 Januari, kan? Jadi misalkan pada tanggal 8 Februari, kebanyakan orang mungkin telah terinfeksi Coronavirus. Jika anda tidak terinfeksi Coronavirus, anda mungkin sudah melewati waktu paling kritis. Tetapi kini pemerintah Tiongkok ingin memperpanjang waktu liburan, apa artinya itu? Jadi itu sebabnya saya mengatakan situasi yang sebenarnya selalu jauh lebih serius daripada yang disajikan pemerintah Tiongkok kepada dunia.

Simone Gao: Jadi jelaskan itu pada saya. Itu berarti lebih banyak orang terinfeksi dari yang dilaporkan oleh Tiongkok?

Lin Xiaoxu: Jadi situasi kebenaran selalu jauh lebih serius daripada apa yang disajikan pemerintah Tiongkok kepada dunia terlepas dari apakah jumlahnya
pasien yang parah atau jumlah kematian dan juga kasus yang diduga. Di Amerika Serikat, kami menyebutnya PUI (pasien dalam penyelidikan). Jadi semua angka-angka ini, jika data resmi dikalikan 10 kali lipat, mungkin lebih mendekati kenyataan.

Simone Gao: Jadi anda baru saja berbicara mengenai pemerintah Tiongkok memperpanjang liburan festival musim semi hingga tanggal 14 Februari, dan kini  pada dasarnya Tiongkok dikarantina. Masalah lain apa yang akan muncul dari karantina kota dan provinsi yang lama ini dan pada dasarnya untuk seluruh Tiongkok?

Lin Xiaoxu: Saya pikir ini akan berubah dengan cara yang sangat mendasar mengenai cara rakyat Tiongkok menjalani kehidupannya selama beberapa bulan ke depan, karena jika hanya dikarantina selama beberapa hari, orang dapat  bertahan dengan mudah. Tetapi jika harus bertahan dikarantina selama tiga minggu, empat minggu, maka anda melihat banyak masalah muncul. Tentu saja anda dapat melihat pemerintah Tiongkok berusaha memobilisasi berbagai cara untuk memasok makanan, sayur-sayuran, dan segala macam hal penting ke kota-kota, tetapi…

Simone Gao: Apakah pemerintah Tiongkok efektif dalam hal itu? Efisien dan efektif?

Lin Xiaoxu: Dalam hal tertentu, pasti efektif karena pemerintah Tiongkok mengerahkan begitu banyak sumber daya untuk mendukung suatu kota.


Simone Gao: Tetapi saya mendengar cerita dari Wuhan bahwa orang sakit tidak dapat pergi ke rumah sakit dan orang-orang yang memiliki gejala harus menunggu berhari-hari. Mereka tidak dijemput oleh taksi atau mobil komunitas seharusnya dapat digunakan.

Lin Xiaoxu: Itu sebabnya rakyat Tiongkok tidak dapat mengandalkan pasokan pemerintah Tiongkok, cara pejabat pemerintah menghidupi diri sendiri. Jadi saya pikir adalah sangat penting bagi orang-orang yang tinggal di Wuhan, yang sedang dikarantina, mereka perlu menemukan cara untuk mengatur dirinya sendiri, untuk mendukung dirinya sendiri dan berkolaborasi dengan rumah sakit dan staf medis secara langsung. Jika anda mengetahui ada orang yang anda kenal yang sakit di rumah, jika menunjukkan gejala yang parah, jangan anda membawanya ke rumah sakit sendiri.

Hubungi setiap rumah sakit untuk meminta tenaga tambahan rumah sakit untuk datang menjemput pasien tersebut. Jadi sepertinya ada beberapa orang perlu menemukan cara untuk mendukung dirinya sendiri dan pemerintah Tiongkok berusaha mencari cara berbeda untuk mendukung Wuhan.

Tetapi pemerintah Tiongkok selalu mengatakan Wuhan lebih penting dengan mengorbankan kota-kota lain. Dan tidak dapat dihindari bahwa pemerintah Tiongkok bertindak seperti itu, saya dapat melihat alasannya adalah sangat penting. Pemerintah Tiongkok dapat mengatur semua sumber daya untuk mendukung Wuhan. Tetapi bagaimana dengan kota-kota lain, kota-kota tertentu di Provinsi Hubei yang juga perlu banyak sumber daya, bukan?

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular