Saturday, November 27, 2021
No menu items!
HomeSERBA SERBIBuah 'Ajaib' Membuat Semua Makanan Asam Terasa Manis

Buah ‘Ajaib’ Membuat Semua Makanan Asam Terasa Manis

Erabaru.net. Synsepalum dulcificum, alias ‘buah ajaib’ atau berry ajaib, adalah tanaman unik yang dikenal menghasilkan buah-buahan yang, ketika dimakan, membuat semua makanan dan minuman asam yang kemudian tertelan terasa manis.

Selama berabad-abad, suku asli di Ghana, Afrika Barat, menggunakan buah dari tanaman Synsepalum dulcificum untuk mempermanis buah, makanan, dan minuman yang asam, tetapi baru pada tahun 1968 protein miraculin yang ada di dalam buah membuat buah tersebut istimewa akhirnya diekstraksi dan diubah menjadi tablet.

Itu memungkinkan hampir semua orang di dunia untuk mengalami “rasa mengejutkan” yang sangat terkenal dengan buah beri ajaib ini. Miraculin akan mengubah indra Anda, menyebabkan hal-hal yang seharusnya terasa asam, seperti lemon atau cuka, menjadi manis, atau bahkan terlalu manis dan bertahan hingga 60 menit setelah protein dikonsumsi.

Kedengarannya seperti bahan ajaib yang Anda harapkan untuk ditemukan di sekolah sihir Hogwarts, namun itu benar-benar buah ajaib yang ada di dunia nyata, bukan di alam fantasi, dan efeknya dapat dijelaskan oleh sains. Ketika bagian berdaging buah dimakan, molekul miraculin mengikat lidah lidah dan pada dasarnya mengubah indera Anda.

Pada pH netral, miraculin mengikat dan memblokir reseptor di lidah, tetapi ketika pH menjadi rendah (seperti setelah menelan makanan asam), miraculin mengikat protein dan mengaktifkan reseptor manis, yang menghasilkan persepsi rasa manis bahkan saat mencicipi sesuatu yang Anda tahu seharusnya akan terasa sangat asam.

Para peneliti di Universitas Tokyo, Jepang, juga menemukan bahwa protein miraculin dapat mengubah persepsi kita tentang pemanis, tidak hanya makanan asam. Misalnya, mencoba aspartam setelah mengonsumsi miraculin, baik dalam bentuk buah atau tablet, membuatnya terasa sangat hambar, karena miraculin menekan reseptor manis. Namun, di lingkungan yang sedikit lebih asam, reseptor menjadi overdrive, dan aspartam terasa jauh lebih manis dari biasanya.

Sayangnya, di AS miraculin telah diberi label sebagai aditif oleh FDA, sehingga tidak pernah lepas landas, meskipun Anda dapat menemukan berbagai tablet miraculin secara online.

Buahnya sangat mudah rusak, jadi mengirimnya dari petani mungkin bukan ide terbaik. Konon, sementara tablet miraculin memberikan perjalanan rasa yang sama, Anda akan kehilangan rasa buah beri yang menyenangkan.

Karena bisa membuat makanan asam terasa manis, miraculin bisa mengurangi konsumsi gula, dan di negara-negara seperti Jepang sangat digemari para pelaku diet. Namun, harus dikonsumsi baik dalam bentuk buah atau tablet, karena proteinnya akan hancur jika dimasak.

Efek buah ajaib ternyata begitu kuat sehingga membuat beberapa orang antusias mencoba hal-hal asam sebanyak mungkin sebelum efek miraculinnya hilang, sehingga mereka kemudian membutuhkan obat anti asam.(lidya/yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments