Erabaru.net. Jika Anda melewati fase gothic (atau masih menjalani hidup itu) maka kemungkinan Anda akan menyukai segalanya serba hitam. Tidak ada keraguan Anda akan memiliki eye shadow hitam, cat kuku, pakaian dan sikap gelap terhadap dunia. waktu yang luar biasa bukan ?

Tapi hal sempurna yang bisa Anda lakukan selama fase itu adalah Ayam Cemani.

Ini mungkin hal yang paling gothic di planet ini karena tidak hanya memiliki bulu, mata dan kaki yang hitam, tetapi bahkan memiliki organ hitam termasuk daging dan tulang.

Bagian dalam hewan telah digambarkan seolah-olah telah ‘direndam dalam tinta cumi-cumi’ dan National Geographic berpendapat itu bisa menjadi ‘makhluk paling berpigmen’ yang ditemukan di alam.

Menariknya, meski hampir seluruh keberadaannya berwarna hitam, ayam betina akan bertelur berwarna krem.

Ayam yang merupakan jenis langka yang ditemukan di Indonesia ini mendapatkan tampilan gothic berkat pigmentasi jaringan yang berlebihan, yang disebabkan oleh kondisi genetik yang dikenal sebagai fibromelanosis.

Ada beberapa spesies lain, Bohuslän-Dals svarthöna Swedia, Black H’Mong Vietnam dan Silkie, yang berbagi bagian dalam hitam Ayam Cemani.

Ahli genetika Swedia Leif Andersson, memberi tahu Nat Geo tentang bagaimana keempat spesies ini memiliki ‘penataan ulang kompleks dalam genom’ yang sama yang dapat ditelusuri kembali ke satu ayam purba.

“Yang menarik adalah bahwa semua ayam dengan fenotipe ini membawa mutasi yang persis sama. Ini menunjukkan bahwa beberapa manusia melihat ayam hitam ini dan bersemangat tentang mereka, memeliharanya, dan menjualnya dan mereka menyebar ke seluruh dunia,” katanya.

Ayam cemani berasal dari pulau jawa dan pertama kali dideskripsikan dalam buku sejarah oleh pendudukan kolonial belanda. Namun, baru pada tahun 1998 peternak Belanda Jan Steverink mengimpornya ke Eropa.

Ayam Cemani kini banyak dikembangbiakkan di Belanda, Belgia, Jerman, Slovakia, dan Republik Ceko di benua Eropa.

Menurut Smithsonian, ayam itu memiliki banyak julukan lucu, termasuk ‘ayam paling menyihir di dunia’, ‘Lamborghini unggas’, ‘ayam Goth’ dan ‘burung Sith Lord’. (lidya/yn)

Sumber: ladbible

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular