Qiao En 

Gunung berapi Cambre Vieja di  La Palma, Spanyol meletus dengan hebat setelah 50 tahun tidak aktif  pada Minggu (19/9/2021) sore. 

Lahar yang mengalir langsung menelan rumah-rumah dan hutan besar yang dilewatinya. Pihak berwenang dengan cepat mengevakuasi 5.500 warga setempat. Tidak ada laporan korban jiwa. 

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez juga bertolak ke La Palma pada hari yang sama untuk memeriksa bencana tersebut. “Kami memiliki semua sumber daya dan semua pasukan, warga bisa tenang,” katanya dikutip Reuters. 

Pada Senin (20/9), Gunung Cambre Vieja masih dalam kondisi erupsi. Laharnya mengalir ke laut. Layanan darurat setempat mengatakan bahwa gunung berapi itu akan tetap aktif dalam beberapa hari ke depan.

Daerah La Palma berada dalam siaga tinggi saat erupsi setelah lebih dari 22.000 getaran dilaporkan dalam waktu seminggu di Cumbre Vieja, yang termasuk dalam rantai gunung berapi yang terakhir meletus pada tahun 1971 dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di daerah Canary.

Seorang pria tewas pada tahun 1971 saat ia mengambil foto di dekat aliran lava. Tidak ada properti yang rusak. Letusan bawah laut pernah terjadi sekitar 10 tahun lalu di dekat kepulauan tetapi menyebabkan sedikit kerusakan. (hui)

 

 

Share

Video Popular