Erabaru.net. Ini mungkin tampak seperti kegilaan total, tetapi sebuah acara populer di Tiongkok menjadi kacau minggu ini ketika bintang utama dari acara tersebut ‘kabur’.

Setiap tahun negara-negara Asia Timur merayakan Festival Bulan Pertengahan Musim Gugur, yang bertepatan dengan munculnya bulan purnama di bulan September.

Dekorasi mewah sering digunakan, termasuk balon bulan raksasa.

Dan semuanya menjadi salah ketika salah satu balon berguling dari lokasi perayaan festival di Provinsi Henan pada Senin (20/9) pagi.

Balon itu melaju di jalan ketika staf yang panik mengejarnya dalam upaya untuk mendapatkannya kembali.

Meski fenomena ini tampak aneh, sebenarnya ini bukan pertama kali hal seperti itu terjadi terjadi.

Ada bulan lain yang juga mulai melayang jauh dari perayaan festival di Fuzhou, Provinsi Fujian di timur negara itu, pada tahun 2016.

Itu terhempas bebas dari tambatannya oleh angin topan yang kuat tahun itu dan kemudian menyebabkan kekacauan di jalan-jalan dan bahkan menabrak mobil.

Ini menjadi tema banyak meme setelah tidak jelas apakah itu masih berkeliaran atau tidak.

Tapi untungnya itu cukup ringan, jadi tidak ada kerusakan dan tidak ada yang terluka.

Anda akan berpikir mereka telah belajar dari kejadian yang terjadi 5 tahun yang lalu, kan?

Festival Bulan Asia dikatakan dapat membawa keberuntungan untuk makanan yang berlimpah saat tanaman agar dapat tumbuh hingga dewasa.

Juga dikenal sebagai Festival Kue Bulan atau Festival Lentera, dirayakan di Vietnam, Korea, dan Tiongkok.

Orang-orang merayakan festival dengan berkumpul untuk menyaksikan bulan pertengahan musim gugur sambil memakan kue bulan – pai kecil berisi kacang merah atau pasta biji teratai – yang mereka persembahkan kepada dewi bulan Chang’e.

Perayaan itu sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu, ketika bangsawan Tiongkok berdoa ke bulan untuk panen yang melimpah. (lidya/yn)

Sumber: Metro

Share

Video Popular