Erabaru.net. Sebelumnya kami memberitakan sebuah cerita tentang desa India misterius yang disebut ‘Kodihini’ tempat anak kembar dilahirkan. Cerita hari ini adalah tentang desa misterius lain di mana orang-orang tidur selama berminggu-minggu bahkan di jalan. Ini mungkin mengejutkan Anda, tetapi ini sepenuhnya benar.

Nama desa unik ini adalah Kalachi yang terletak di Kazakhstan sekitar 230 mil barat laut ibu kota tempat orang-orang tidur bukan selama satu atau dua hari tetapi selama beberapa minggu. Itulah alasan mengapa desa ini dikenal sebagai Desa ‘Sleepy Hollow’. Orang-orang di sini kebanyakan terlihat sedang tidur. Karena kebiasaan tidur mereka, penduduk desa ini juga telah diteliti berkali-kali.

Kapan fenomena itu dimulai?

Pada akhir 2012, penduduk Desa Kalachi di Kazakhstan utara tiba-tiba mulai tertidur tanpa diduga. Penghuninya bisa ‘pingsan’ saat memancing, di depan kompor, atau di belakang kemudi. Pada Oktober 2015, penyakit aneh ini tiba-tiba menghilang.

Pada April 2010, Lyubov Belkova adalah orang pertama yang diserang. Saat itu April 2010 ketika dia bekerja di pasar dan diserang rasa kantuk yang tak terkendali yang membuatnya pingsan. Dia tidak bangun sampai hampir empat hari kemudian di rumah sakit, di mana dia diberitahu oleh dokter bahwa dia menderita stroke. Dan kemudian, lima wanita lagi dari desa itu terkena penyakit aneh secara bersamaan, termasuk seorang anak. Setelah beberapa bulan, 140 dari 810 penduduk terkena penyakit ini, yang tampaknya sudah menjadi epidemi.

Orang tidak ingat apa-apa setelah bangun

Sekitar 600 orang tinggal di desa yang aneh ini, dan sekitar 160 orang menghabiskan waktu untuk tidur, tetapi ada juga hal yang mengejutkan bahwa setelah tidur, penduduk desa melupakan semua hal yang terjadi di masa lalu dan pria tampaknya memiliki gairah seks. Situasinya, sebagian besar penduduk desa ini menderita gangguan tidur.

Seorang wanita di desa dilaporkan berkata: “Begitu pria bangun, mereka membutuhkan seks saat itu juga, dan perasaan ini berlangsung setidaknya selama sebulan.”

Penduduk lain mengklaim: “Seorang lelaki malang mengompol saat dia pergi ke rumah sakit. Jadi paramedis melepas celananya dan di sana dia, tidak sadar benar tetapi dalam keadaan gairah seksual.”

Tidak ada yang bisa mengerti pada saat itu mengapa ini terjadi. Bahkan tes medis tidak mengungkapkan penyebab tidur mereka. Hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa desa itu dihantui oleh setan dan sesuatu yang buruk akan terjadi.

Dunia tidak tahu tentang desa ini sampai artikel itu muncul di majalah lokal. Akhirnya orang-orang di sana mulai bertanya-tanya tentang masalah tersebut. Gejala ini hanya terlihat pada 160 orang.

Gas yang terbuat dari uranium adalah penyebabnya

Menurut para ilmuwan, efek gas beracun yang terbuat dari uranium di desa ini sangat tinggi, sehingga orang-orang di sini lebih banyak tidur dari biasanya.

Para ahli juga mengatakan bahwa air di desa ini juga memiliki efek gas beracun uranium, yang menyebabkan air juga menjadi beracun dan terkontaminasi. Penelitian telah mengungkapkan bahwa jumlah gas karbon monoksida dalam air tinggi, yang menyebabkan orang tidur selama berbulan-bulan.

Orang bisa tertidur kapan saja

Ada lagi keistimewaan Desa Kalachi yang lebih mengejutkan lagi, mereka bahkan tidak tahu kapan orang-orang di sini akan tertidur. Syaratnya, orang bisa tertidur kapan saja sambil makan, minum, mandi sambil berjalan. Menurut penduduk desa aneh ini, mereka bahkan tidak merasa mengantuk.

Para dokter terkejut karena mereka tidak tahu apa yang terjadi, mereka mulai mencurigai langit, udara, air dan bahkan vodka yang mereka minum karena mereka mengira orang-orang diracuni dengan vodka yang dibakar. Desa ini dekat dengan kota hantu kuno yang menampung tambang uranium, sehingga kecurigaan mulai jatuh pada tambang ini.

Namun, baru sekarang misteri besar dan aneh ini terkuak: Semuanya terjadi karena penyatuan karbon monoksida dengan partikel hidrokarbon yang ada di atmosfer tempat itu.

‘Krasnogorsk,’ desa hantu

Alasan mengapa penyakit misterius ini membutuhkan waktu lama untuk ditemukan adalah karena pengukuran komponen-komponen ini menunjukkan bahwa indeks selalu normal. Fenomena itu hanya terjadi ketika ada kombinasi aneh antara oksigen yang sangat sedikit dengan kelebihan CO dan CH, ini hanya terjadi pada kondisi atmosfer tertentu karena, biasanya, ketiga komponen ini selalu terpisah pada tingkat aktivitas normal, sehingga tidak pernah menimbulkan kecurigaan.

Dan, tentu saja, asal mula kombinasi aneh ini ada di Krasnogorsk, desa hantu, tetapi tidak ada hubungan langsung dengan Uranus yang disembunyikannya. Ternyata di tambang-tambang tua ini banyak digunakan struktur kayu, ketika tambang di desa ini ditutup, mereka mengisinya dengan air dan, dengan menjaga kayu tetap bersentuhan dengan air ini, dihasilkan karbon monoksida.

Pada tahun 1991, ketika Moskow menolak untuk mendukung Krasnogorsk, dan Kazakhstan mendeklarasikan moratorium penambangan uranium, sekitar 6.500 penambang dengan keluarga mereka kehilangan nyawa.

Kementerian Keuangan Kesehatan tidak menemukan kadar atau radiasi atau logam berat di daerah tersebut. Jumlah radio yang terdeteksi di beberapa rumah tidak cukup untuk menjelaskan fenomena yang menyebabkan orang tertidur.

Orang-orang tidur selama enam hari

Selain gejala yang dialami para korban, mereka juga mulai mengalami halusinasi berat, mual dan euforia, baik sebelum tidur maupun setelah bangun tidur. Ketika mereka sadar kembali, sebagian besar dari mereka yang terkena mengalami kehilangan ingatan yang signifikan, yang memicu kepanikan di antara penduduk, terutama karena banyak yang tertular penyakit itu beberapa kali, tidur hingga enam hari berturut-turut.

Dan yang memperburuk keadaan dan membuat penduduk Desa Kalachi semakin terguncang, mereka menemukan bahwa bahkan hewan peliharaan pun tidak kebal terhadap kondisi tersebut.

Namun, setelah melakukan penilaian dan mencatat bahwa bahkan hewan pun menderita penyakit tersebut, para dokter mendiagnosis “ensefalopati yang tidak diketahui asalnya”, istilah umum penyakit otak, karena mereka tidak memiliki penjelasan lebih lanjut.

Misteri terpecahkan

Profesor Leonid Rikhvanov, seorang ilmuwan Rusia, adalah orang pertama yang mempresentasikan tesis bahwa penyakit itu bisa jadi akibat keracunan gas radon, yang biasanya ada di tambang.

“Untuk menggambarkannya secara sederhana, ketika tambang uranium ditinggalkan, mereka mulai terisi dengan air tanah,” katanya.

Menteri Tenaga Kerja dan Perlindungan Sosial Kazakstan saat itu, Berdibek Saparbaev, mengatakan dalam sebuah laporan bahwa penyakit itu adalah akibat dari kontaminasi karbon monoksida, bersama dengan hidrokarbon lainnya, yang diakibatkan oleh banjirnya tambang uranium Soviet.

“Tambang uranium ditutup di beberapa titik, dan terkadang konsentrasi karbon monoksida terjadi di dalam,” jelas Saparbaev. “Oksigen di udara berkurang, maka penyakit semacam ini pada manusia.”

Menurut laporan Times Now, Saat ini 120 keluarga tinggal di Kalachi dan tidur dengan normal dan belum pernah menghadapi episode gangguan aneh apa pun.(yn)

Sumber: indiatimes

Share

Video Popular