Li Mei dan Lin Yi 

Pada Kamis (23/9/2021) tidak termasuk daratan Tiongkok, lebih dari 230 juta orang di seluruh dunia didiagnosis dan setidaknya 4,71 juta orang meninggal dunia akibat COVID-19. Menurut WHO, Delta memiliki kekuatan penyebaran yang lebih kuat. Singapura  mengonfirmasi lebih dari 1.400 kasus dalam sehari, angka yang memecahkan rekor. Di Auckland, Selandia Baru, tingkat pencegahan epidemi menurun, Perdana Menteri Selandia Baru mengatakan bahwa dia tidak ingin menerapkan lockdown di masa depan.

Setelah varian Delta meledak di Auckland, kota terbesar di Selandia Baru, lockdown memasuki minggu keenam. Saat ini, tindakan pembatasan telah dikurangi ke tingkat ketiga.

Kedai kopi dan restoran  dibuka kembali dengan layanan take-out, pekerja konstruksi dapat kembali bekerja, dan ada antrian panjang di luar tempat makanan cepat saji.

Perdana Menteri Selandia baru, Jacinda Ardern mengatakan pada  Kamis 23 September  bahwa dia tidak ingin menerapkan blokade di masa depan.

Ardern berkata : “Ini berarti bahwa kita harus mengupayakan tingkat vaksinasi yang tinggi,  akan menjadi tiket emas Selandia Baru. Ini juga berarti bahwa kita tidak harus mengambil langkah dasar kesehatan masyarakat yang benar-benar menghancurkan hidup kita.”

Selandia Baru mengumumkan 15 kasus lokal lagi pada hari itu. Pihak berwenang menemukan bahwa meskipun blokade tersebut menghambat epidemi, tetapi terbukti tidak mungkin untuk menghilangkan virus sepenuhnya.

Organisasi Kesehatan Dunia -WHO-  mengkonfirmasi bahwa kasus virus Komunis Tiongkok global telah turun sekitar 10% dalam seminggu terakhir, tetapi strain mutan Delta lebih kuat dan lebih menular.

Sekarang kasus baru di seluruh dunia terutama terinfeksi varian delta. Saat ini, lebih dari 185 negara dan wilayah telah terinfeksi kasus ini.

Di beberapa negara dengan tingkat vaksinasi yang tinggi, epidemi ini muncul kembali.

Jumlah kasus yang dikonfirmasi di Singapura meningkat dalam beberapa hari terakhir. Pada Rabu 22 september 1.457 kasus baru dikonfirmasi, rekor tertinggi sejak wabah, dengan total 80.000 kasus yang dikonfirmasi dan 3 kasus kematian

Rusia menambahkan 820 kematian, rekor tertinggi dalam sehari, sama dengan tertinggi sehari  pada Agustus tahun lalu.

Selain itu, 21.438 kasus baru dikonfirmasi, sehingga jumlah total kasus secara nasional di negara itu menjadi lebih dari 7,35 juta kasus. (hui)

Share

Video Popular