Erabaru.net. Orang yang tidak bisa lagi mengenakan jeans yang mereka kenakan saat berusia 21 tahun berisiko terkena diabetes tipe 2, menurut sebuah studi baru.

Profesor Roy Taylor dan dr. Ahmad Al-Mrabeh, dari Universitas Newcastle, memberikan tinjauan awal temuan awal dari penelitian pada konferensi Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) tahun ini.

Studi ReTune bertujuan untuk menguji apakah remisi tipe 2 mungkin untuk orang dengan berat badan lebih rendah.

Temuan menunjukkan bahwa orang yang memiliki berat badan yang sehat dan memiliki diabetes tipe 2 dapat membalikkan kondisi dengan kehilangan antara 10 dan 15 persen dari berat badan mereka.

Taylor, dari Pusat Resonansi Magnetik universitas tersebut, mengatakan hasil penelitian sementara menunjukkan dengan sangat jelas bahwa diabetes tidak disebabkan oleh obesitas tetapi karena terlalu berat untuk tubuh Anda sendiri, menambahkan bahwa pinggang orang harus berukuran sama seperti sebelumnya ketika mereka berusia 21 tahun.

“Sebagai aturan praktis, ukuran pinggang Anda harus sama sekarang seperti ketika Anda berusia 21 tahun,”katanya.

“Jika Anda tidak bisa mengenakan celana dengan ukuran yang sama sekarang, Anda membawa terlalu banyak lemak dan karenanya berisiko terkena diabetes tipe 2, bahkan jika Anda tidak kelebihan berat badan.”

Para peserta – yang semuanya menderita diabetes tipe 2 meskipun memiliki indeks massa tubuh (BMI) ‘normal’ – mengikuti program penurunan berat badan yang membuat mereka menjalani diet rendah kalori selama dua minggu, hanya mengonsumsi 800 kalori makanan seperti sup dan bergetar setiap hari.

Dengan BMI rata-rata 24,5 di antara kelompok, delapan dari 12 peserta berhasil mengurangi kadar lemak di hati dan pankreas.

Aktivitas sel penghasil insulin di pankreas juga dianggap ‘dipulihkan’.

Taylor melanjutkan :”Dokter cenderung berasumsi bahwa diabetes tipe 2 memiliki penyebab berbeda pada mereka yang tidak kelebihan berat badan.”

“Artinya, tidak seperti mereka yang kelebihan berat badan, mereka yang memiliki berat badan normal biasanya tidak disarankan untuk menurunkan berat badan sebelum diberikan obat diabetes dan insulin.”

“Sebaliknya, ada kecenderungan untuk memulainya dengan insulin dan obat lain pada tahap yang jauh lebih awal.

“Apa yang telah kami tunjukkan adalah bahwa jika mereka yang memiliki berat badan normal kehilangan 10-15 persen dari berat badan mereka, mereka memiliki peluang yang sangat baik untuk sembuh dari diabetes mereka.”(yn)

Sumber: ladbible

Share

Video Popular