Sunday, November 28, 2021
No menu items!
HomeKESEHATANDokter Jelaskan Mengapa Anda Tidak Boleh Menahan Bersin

Dokter Jelaskan Mengapa Anda Tidak Boleh Menahan Bersin

Erabaru.net. Anda mungkin berpikir Anda bersikap sopan saat menahan bersin – tetapi Anda sebenarnya bisa melakukan kerusakan yang tak terhitung pada diri sendiri, menurut dokter.

Yap, yang terbaik adalah membiarkan bersin itu keluar menurut para ahli, atau Anda dapat melukai tenggorokan atau paru-paru Anda secara permanen, yang jauh lebih buruk daripada menyebabkan ketidaknyamanan ringan pada orang lain.

Tentu saja, saat ini kita sangat sungkan bersin di depan umum. Lagi pula, masih ada pandemi yang terjadi, yang berarti ada kekhawatiran seputar penyebaran kuman di luar norma.

Jika Anda bersin saat ini, pertama-tama Anda harus memastikan Anda tidak terkena Covid-19 dengan melakukan tes aliran lateral dan mencoba mengisolasi dari orang lain.

Namun, jika bukan Covid-19, Anda tidak perlu takut bersin – menutup mulut dan hidung dengan tangan tentunya.

Sebagai contoh apa yang mungkin terjadi jika Anda tidak melakukannya, dokter merawat seorang pria di Inggris yang mengalami pecah bagian belakang tenggorokannya saat menahan bersin.

Pria berusia 34 tahun itu mengalami rasa sakit yang luar biasa dan hampir tidak bisa berbicara atau menelan.

Membahas kasus yang tidak biasa dalam BMJ Case Reports, spesialis telinga, hidung dan tenggorokan di University Hospitals of Leicester NHS Trust memperingatkan: “Menghentikan bersin melalui pemblokiran lubang hidung dan mulut adalah manuver berbahaya, dan harus dihindari.”

“Ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti pseudomediastinum (udara yang terperangkap di dada di antara kedua paru-paru), perforasi membran timpani (gendang telinga berlubang), dan bahkan pecahnya aneurisma serebral (pembuluh darah yang menggelembung di otak).”

Jika Anda tidak melepaskan tekanan yang timbul dari potensi bersin, itu bisa berarti hidung dan tenggorokan Anda harus mengatasinya.

Pada gilirannya Anda bisa berakhir dengan gendang telinga yang pecah, karena udara yang tersumbat yang mencoba keluar malah akan dialihkan ke tabung yang menghubungkan telinga dan gendang telinga Anda.

Bukan hanya itu yang bisa Anda derita, para ahli juga mengatakan bahwa menahan bersin juga bisa menyebabkan infeksi telinga.

Alasan kita bersin pertama-tama adalah untuk mendorong keluar hal-hal yang tidak seharusnya ada di saluran udara kita, dan karena itu segala sesuatu yang mengandung kuman kemungkinan besar akan menyebabkan infeksi jika berakhir di tempat yang seharusnya tidak.

Jika itu tidak cukup, Anda juga bisa menderita pembuluh darah yang rusak jika Anda berhenti bersin, dengan udara paksa yang meledakkannya di hidung, mata, atau gendang telinga Anda.

Jadi, singkatnya, selama Anda tidak terkena Covid dan selama Anda menutupi mulut dan hidung Anda dengan sesuatu, jangan menahan diri! (yn)

Sumber: ladbible

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments