Erabaru.net. Meski kehilangan kedua lengannya dalam sebuah kecelakaan tragis, seorang penggila olahraga balap mobil telah berhasil mengejar hasratnya dengan menggunakan kakinya untuk mengendarai mobil dan bahkan bersaing dengan pembalap yang sehat dalam kompetisi drifting.

Bartek Ostalowski kehilangan kedua tangannya dalam kecelakaan sepeda motor pada tahun 2006, tetapi itu tidak cukup untuk membunuh mimpinya suatu hari nanti menjadi pembalap mobil profesional.

Dia kehilangan lengannya pada usia 20 tahun dan dihadapkan dengan tugas berat belajar mengendarai mobil di sirkuit balap pasti cukup mengejutkan bagi Bartek, tetapi dia mengumpulkan keberanian dan dorongan untuk terus maju, dan dalam waktu tiga tahun dia menjadi ahli manuver mobil balap dengan kakinya.

Saat ini, Bartek Ostalowski adalah satu-satunya pembalap olahraga profesional di dunia yang mengemudi menggunakan kakinya.

Untuk mengatasi keterbatasan fisiknya, Bartek memodifikasi mobil balap Nissan Skyline GT-R sesuai dengan kebutuhannya, menambahkan mesin baru, gearbox independen, dan transmisi yang lebih kuat. Pembalap Polandia yang ambisius ini menggunakan kaki kanannya untuk mengontrol pedal, sementara menyetir dengan kaki kirinya. Otomatis dikendalikan dengan bahu.

“Setelah kecelakaan saya, saya mencari solusi. Saya bertanya pada diri sendiri apakah saya ingin balapan lagi, apa yang harus saya lakukan?” Bartek mengatakan kepada Business Insider. “Saya mendengar tentang seseorang di Polandia yang, seperti saya, tidak memiliki lengan, tetapi dia mengendarai mobil setiap hari tanpa masalah. Setelah bertemu dengannya, mimpi dan hasrat saya untuk olahraga balap menjadi hidup dan kuat, dan saya membuat keputusan untuk kembali ke balapan suatu hari nanti.”

Setelah membuat nama untuk dirinya sendiri di sirkuit balap Polandia, Bartek Ostalowski mengambil tantangan yang lebih besar, balap drift.

Jika Anda paling tidak terbiasa dengan drifting, Anda mungkin tahu betapa sulitnya itu, membutuhkan reaksi cepat dan koordinasi tangan-mata yang tepat untuk mengendalikan mobil saat meluncur di trek. Yah, entah kenapa Barek bisa melakukan itu hanya dengan menggunakan kakinya.

Pada tahun 2019, Barek finis di tempat kesembilan dari 50 pembalap di Kejuaraan Drift Polandia, salah satu seri kejuaraan paling kompetitif di seluruh Eropa, dan tahun sebelumnya, dia memenangkan Seri Drift Ceko internasional, mengalahkan puluhan olahraga profesional lainnya.

Bartek Ostalowski tidak lain adalah pahlawan super di kehidupan nyata dan inspirasi bagi penyandang disabilitas di seluruh dunia. dia adalah bukti nyata bahwa, jika Anda benar-benar ingin mencapai sesuatu, Anda bahkan dapat mengatasi tantangan yang tampaknya tidak dapat diatasi.

“Tentu saya mendorong penyandang disabilitas lainnya untuk terlibat dalam olahraga balap mobil. Ini adalah gairah yang indah dan saya pikir juga merupakan bentuk rehabilitasi yang hebat. Jadi, wujudkan impian Anda,” kata pengemudi Polandia itu. (yn)

Sumber: odditycentral

Share

Video Popular