Pakar Mengatakan Tidur Selama ‘Jam Emas’ Dapat Menyelamatkan Hidup Anda

Erabaru.net. Sebuah studi baru menemukan bahwa ketika orang tidur selama apa yang dijuluki ‘jam emas’, mereka bisa menyelamatkan diri dalam jangka panjang.

Jam berapa jam emas ini? Anda mungkin bertanya-tanya. Ya, antara jam 22: 00 dan 23: 00 atau tepatnya 20 : 59 dan tertidur pada saat itu telah terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Menurut Guy Meadows, direktur klinis The Sleep School, tubuh kita diprogram untuk merasa mengantuk di jam emas dan bangun sekitar delapan jam kemudian. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa kita harus tidur selaras dengan ritme sirkadian alami.

Menulis untuk Telegraph, Guy menjelaskan: “Ini jauh dari studi pertama yang menunjukkan seberapa sensitif kita terhadap waktu tidur. Atau betapa pentingnya untuk tetap pada siklus tidur/bangun yang sama setiap hari. Itu karena tubuh internal kita jam disinkronkan oleh faktor eksternal, terutama oleh terbit dan tenggelamnya Matahari.”

“Ketika kita bangun, cahaya mengenai mata kita dan itu menyinkronkan tubuh kita dengan zona waktu tempat kita berada. Saya suka mengatakan bahwa manusia bertenaga surya karena kita terbiasa dengan siklus terang dan gelap dan apa pun yang mengganggu yang akan melemparkan tubuh kita keluar jam.”

Jam pengganggu itu memiliki banyak jawaban yang telah ditunjukkan dengan lonjakan serangan jantung ketika jam maju di musim semi.

Ada lonjakan 24 persen dalam serangan jantung sehari setelahnya, menurut Guy yang mengatakan itu adalah ‘karena kita kehilangan satu jam tidur dan itu karena kebingungan yang disebabkan oleh jam tubuh internal kita’.

Tapi apa yang terjadi jika Anda tidak bisa tidur di jam penting itu? Yah, hal pertama yang pertama – matikan televisi Anda, letakkan telepon Anda, dan ambil buku sebagai gantinya.

Tukar email Anda dengan musik santai dan redupkan lampu jika perlu. Terlibat dalam apa pun yang menenangkan yang menjauhkan Anda dari terjaga.

Di pagi hari Anda ingin membalikkan itu dan menyalakan lampu terang dan bersiap-siap untuk hari depan. Menurut Guy, jalan kaki 10 menit pada jam 10 pagi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental dan juga kualitas tidur kita.(yn)

Sumber: ladbible