Sebuah Gudang dengan Tumpukan Miras di Shuyang, Jiangsu, Tiongkok Terbakar, Fakta di Baliknya Lebih Mengejutkan

Pada 1 Desember 2021, terjadi kebakaran di gudang perusahaan di Kabupaten Shuyang, Kota Suqian, Provinsi Jiangsu. (Tangkapan layar video)

Li Jinfeng – NTD

“Suqian Fire Fighting” pada Rabu (1/12/2021) melaporkan pada pukul 16.08 waktu setempat, kebakaran terjadi di gudang Jiangsu Haoyu Industrial Co., Ltd. (Perusahaan Haoyu) di Jalan Zhuhai No.318, Shuyang, Kota Suqian, Provinsi Jiangsu, Tiongkok. Bangunan adalah gudang baja-beton satu lantai dengan ketinggian 8 meter, bahan bakar utama adalah 300 karton miras. 

Pada pemberitahuan, area kebakaran di lokasi itu sekitar 700 meter persegi.

Laporan tersebut menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa di lokasi kejadian.

Namun demikian, menurut informasi publik, Haoyu Company didirikan pada 1 Januari 2002 dan terletak di sisi barat pintu keluar tol di sisi utara Yingbin Avenue, Shuyang Shucheng, Suqian, Suqian, Jiangsu. Produk dan layanan yang disediakan adalah pengembangan real estate.

Perusahaan Haoyu Memiliki Backing Pejabat Shuyang Jiangsu

Wartawan NTD mengetahui bahwa China Times telah melaporkan Perusahaan Haoyu pada tahun 2017 lalu. 

Menurut laporan itu, pada tahun 2006, pengusaha wanita Wang Gendi datang ke Shuyang melalui promosi investasi. Pada 10 Desember tahun yang sama, Perusahaan Haoyu di bawah kendalinya menandatangani perjanjian investasi dengan Pemerintah Daerah Shuyang.

Perusahaan Haoyu berjanji untuk menginvestasikan 250 juta yuan dalam waktu 3 tahun.  Untuk mendirikan proyek industri di Zona Pengembangan Ekonomi Shuyang, termasuk investasi dalam peralatan medis, produk baja tahan karat, produksi kendaraan listrik, dan pengembangan real estate.

Namun demikian, Wang Gendi mengatakan setelah mereka secara legal memperoleh lebih dari 100 hektar tanah komersial dan membangun 8 rumah komersial lebih dari 20.000 meter persegi, perusahaan direbut dengan kejam oleh  Rongli dari mantan Komite Tetap Shuyang dan wakil hakim setempat Si Dongliang. Pengusaha itu menuding Rongli merampok  tanahnya dan menjual 26.530 meter persegi bangunan komersial dan perumahan, senilai ratusan juta yuan, dan ia menggugat di mana-mana tanpa ada yang peduli.”

Chen Yingqun, putri Wang Gendi dan perwakilan hukum Perusahaan Haoyu, mengungkapkan bahwa Rongli telah menggunakan personel sosial untuk memukul dan mengintimidasi dia dan personel perusahaan terkait melalui penahanan ilegal, melepaskan ban mobil, dan mengemudi paksa. Dia berkata, “Tidak ada hukum raja di Shuyang, dan kehidupan di Shuyang terancam setiap saat.”

Menurut laporan itu, pada awalnya Wang Gendi adalah seorang pengusaha swasta terkenal di Zhenjiang, Jiangsu. Karena mimpi buruk investasi real estat Shuyang, ia diterpa penderitaan.

Pada 26 Maret 2013, orang media Guangzhou dan blogger terkenal Zhou Xiaoyun menerbitkan sebuah artikel di ruang QQ-nya, mengungkapkan nama asli eksklusif: Si Dongliang, mantan wakil hakim  Shuyang, Jiangsu, adalah hakim sertifikat palsu, tidak hanya memiliki dua kartu ID, salah satu kartu ID asli telah dibatalkan karena “pergi ke luar negeri untuk menetap”, dan jumlah real estate atas namanya tidak diketahui!

Pada Mei 2011, Zhou Xiaoyun juga membuat pengungkapan nama asli eksklusif. Si Dongliang, bersama dengan Rong Youwen, anggota Komite Tetap Komite Distrik Sucheng Kota Suqian, mentransfer 8 juta dari rekening kas khusus dari rekening kas lokal dari Pusat Akuntansi Kota Shucheng di Kabupaten Shuyang dan diselesaikan dengan “Dana Tanah”. Uang itu ditransfer ke wanita misterius Rongli melalui cabang Shucheng Bank Pertanian Tiongkok, Shuyang.

Menurut penyelidikannya saat itu, wanita misterius Rongli adalah bibi Si Dongliang dan sepupu Rong Youwen, anggota Komite Tetap Komite Distrik Sucheng Kota Suqian.

Setelah kejadian tersebut, orang-orang yang terlibat dalam kasus Rong Li dan Rong Youwen dikenakan regulasi ganda. Rong Youwen dijatuhi hukuman 17 tahun penjara pada 16 Januari 2012 karena menggelapkan dana publik dan menerima suap, tetapi Rong Li dibebaskan. Si Dongliang belum menjalani hukuman pidana.

Baru kemudian pada April 2013, Si Dongliang dicopot dari jabatan Wakil Sekretaris Komite Partai dan Wakil Dekan Sekolah Tinggi Pelatihan Petani Jiangsu.

Artikel Zhou Xiaoyun yang disebutkan di atas juga menyatakan bahwa, penduduk setempat mengungkapkan bahwa Si Dongliang adalah keluarga “politik” lokal, dan keluarganya mengendalikan hampir semua departemen penting setempat.

Si Dongliang adalah anggota Komite Tetap Komite Partai Kabupaten Shuyang, Wakil Walikota  dan Sekretaris Komite Partai Kotapraja Shucheng di Kota Suqian. Saudara laki-laki Si Dongliang, Si Dongzhou adalah Direktur Pendidikan Kabupaten Shuyang. Bibi Si Dongliang, Si Xinhua, adalah direktur lama tembakau Kabupaten Siyang. 

Sedangkan paman Dong Liang adalah direktur asli Biro Urusan Sipil Kabupaten Shuyang, dan putranya Wang Feng adalah wakil kepala Distrik Suyu. Si Dongyuan adalah direktur Transportasi Kabupaten Shuyang Biro; Kerabat Si Dongliang, Rong Youwen, adalah anggota Komite Tetap Komite Distrik Sucheng di Kota Suqian dan Yanghe. Sekretaris komite partai, saudara kembar Rong Youwen dan Rong Youwu, adalah direktur Publik Kabupaten Shuyang Biro Keamanan. (hui)