Pria Tua Berusia 60 Tahun Menempuh Perjalanan Ribuan Kilometer untuk Mengembalikan Uang kepada Dokter yang Telah Membiayai Operasinya 9 Tahun yang Lalu

Erabaru.net. Pada tanggal 15 Desember 2021, sebuah adegan mengharukan terjadi di sebuah rumah sakit, dan seorang netizen merekam seluruh proses tersebut dan mengunggahnya ke Internet.

Video tersebut menunjukkan seorang pria tua di atas 60 tahun memegang erat 2.500 yuan (sekitar Rp 5,6 Juta) di tangannya. Dia ingin mengembalikan uang itu ke dokter di rumah sakit. Namanya Liu Xiaomin, dan uang itu adalah biaya pengobatan. Dr. Liu membayarnya sembilan tahun lalu.

Faktanya, bertahun-tahun telah berlalu sejak kejadian itu. Jika pria tua itu tidak datang ke dr. Liu untuk membayar kembali uangnya, dr. Liu mungkin telah melupakannya, tetapi pria tua itu selalu mengingat kejadian ini di dalam hatinya, dan tidak pernah melupakan kebaikan dr. Liu 9 tahun yang lalu.

Dilaporkan bahwa pada Mei 2012, pria tua itu menjalani operasi untuk penyakit perut yang parah. Terjadi komplikasi setelah operasi, dan dia membutuhkan operasi lagi. Biaya operasi adalah 2.500 yuan.

Untuk melakukan operasi lagi pada pria tua itu, keluarganya sudah kehabisan segalanya dan tidak mampu membayar untuk operasi berikutnya, dan tidak ada asuransi kesehatan pedesaan pada waktu itu, yang sangat membuat keluarga pria tua itu putus asa.

Setelah mengetahui situasinya, dr. Liu tidak mengatakan sepatah kata pun, dan secara langsung membantu pria tua itu untuk membayar biaya operasi sebesar 2.500 yuan.

Sekarang, 9 tahun telah berlalu, dan dr. Liu tidak menyangka bahwa pria tua yang dia bantu 9 tahun yang lalu akan datang ke Gansu dari Xinjiang untuk bertemu dengannya demi membayar tagihan medis tersebut.

Hati manusia benar-benar luar biasa. Beberapa orang menyimpan dendam sangat banyak, sementara yang lain mengingat kebaikan orang lain. Pria tua ini selalu memikirkan kebaikan dr. Liu di dalam hatinya. Setelah bertahun-tahun, dia masih belum melupakannya.

Ketika pria tua itu datang ke dr. Liu, dr. Liu tidak dapat mengingat prita tua itu, karena dia bertemu dengan banyak orang tua setiap hari di rumah sakit, jadi pria tua itu berbicara tentang kejadian 9 tahun yang lalu, dan dr. Liu pun mengingatnya.

Ketika dr. Liu mengetahui bahwa pria tua itu telah datang jauh-jauh dari Xinjiang ke Gansu yang berjarak sekitar 1,907 km untuk membayarnya kembali, dr Liu merasa sangat bersalah. Faktanya, setelah bertahun-tahun, dia tidak berencana untuk meminta uang lagi.

Selama obrolan, dr. Liu mengetahui bahwa putra bungsu pria tua itu akan menikah, jadi dr. Liu mengatakan bahwa dia menerima uang itu.

Tetapi dia berkata bahwa dia memiliki takdir dengan pria tua itu, dan dia menerima hadiah dari putra pria tua itu karena dia akan menikah, dan kemudian dr. Liu mengembalikan uang itu kepada pria tua itu, mengatakan bahwa itu adalah sumbangan untuk putra pria tua itu.

Pria tua itu menolak untuk menerimanya. Dia berkata bahwa jika dia tidak mengembalikan uang itu, dia akan merasa sangat bersalah, atas desakan dr. Liu, pria tua itu akhirnya menerima uang itu kembali.

Setelah netizen mengunggah video ini ke Internet, itu menimbulkan komentar panas dari netizen.

Seorang netizen menulis :“Dokter ini sangat hangat.”

Yang kedua mengatakan: “Beri penghormatan kepada dokter dan kakek yang mulia.”

Netizen ketiga menulis: “Dokter itu adalah pria sejati, dan orang tua itu juga pria sejati.”

Perasaan bersahaja pria tua itu untuk dr. Liu dan cinta tak terbatas dari dr. Liu sangat menyentuh netizen, dan komentar netizen juga mengkonfirmasi hal ini.

Pria tua itu merasa bahwa meskipun dr. Liu tidak memiliki tanggung jawab atau kewajiban untuk membayar biaya pengobatan untuknya, dia tidak ragu-ragu untuk membayarnya. Padahal, uang itu mungkin adalah semua pendapatan bulanan dr. Liu pada saat itu.

Kami tidak tahu berapa banyak biaya pengobatan yang telah dia keluarkan untuk pasien yang mengalami kesulitan keuangan selama bertahun-tahun, tetapi kami tahu bahwa kebaikan hati dr. Liu luar biasa.

Pria tua ini tampaknya mengalami kesulitan bergerak, tetapi dia telah menempuh perjalanan ribuan kilometer untuk membayar kembali uangnya. Dia tahu bahwa membayar hutang itu harus. Dia berpikir begitu dalam hatinya dan melakukan hal yang sama.

Tindakannya telah menjadi contoh yang baik bagi anak dan cucunya, dan karakternya juga akan mempengaruhi anak dan cucunya, dan anak cucunya juga akan mewariskan karakter yang berharga dan sederhana ini dari generasi ke generasi.(lidya/yn)

Sumber: hker.life