Kasus Pertama di Dunia, Denmark Sepenuhnya Menghentikan Vaksinasi

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen, mengambil bagian dalam konferensi pers virus corona, dengan Menteri Kesehatan Magnus Heunicke, kiri, dan direktur Dewan Kesehatan Nasional Soeren Brostroem, kanan, di Kopenhagen, Denmark, Rabu 26 Januari 2022. (Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix melalui AP)

NTDTV.com

Denmark memimpin dalam mengumumkan pembatalan semua pembatasan pencegahan pandemi pada September tahun lalu. Kini, Denmark kemungkinan akan menjadi negara pertama di dunia yang membatalkan program vaksinasi

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Denmark pada Jumat 11 Februari, gelombang ketiga pandemi di negara itu berkurang, dan karena dosis ketiga vaksin sudah memberikan perlindungan yang cukup untuk orangtua, sehingga tidak perlu dan tidak ada alasan untuk memberi kelompok berisiko tinggi dan anak-anak di Denmark  dibooster dengan suntikan keempat. 

Tidak hanya itu, pihak berwenang Denmark telah mempertimbangkan untuk meninggalkan program vaksinasi sepenuhnya pada akhir musim semi, kecuali gelombang keempat atau muncul varian virus yang lebih berbahaya.

Pada Februari ini, Denmark telah mencabut sebagian besar pembatasan pencegahan pandemi dan mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menganggap COVID-19 sebagai penyakit sosial utama. (hui)