Jangan Buang Pisang dengan Bintik Hitam, Ia Mengandung Antioksidan dan Anti Kanker, Memiliki 9 Manfaat Lainya

Erabaru.net. Pisang akan menumbuhkan bintik-bintik hitam setelah jangka waktu tertentu. Beberapa orang tidak menyukai hal ini, tetapi apakah pisang dengan bintik-bintik hitam masih bisa dimakan?

Menurut situs kehidupan “LifeHack”, penelitian Jepang menunjukkan bahwa pisang dengan bintik-bintik hitam di kulit tidak hanya bermanfaat bagi tubuh manusia, tetapi juga mencakup sembilan manfaat berikut:

  1. Sifat melawan kanker

Pisang dengan bintik hitam mengandung senyawa tumor-destroying tumor necrosis factor (TNF), yang bahkan lebih baik dalam mencegah kanker daripada pisang biasa.

  1. Mengobati refluks gastroesofageal

Pisang adalah antasida alami yang dapat membantu melawan gangguan pencernaan dan sakit perut, dan Anda biasanya dapat merasakan peningkatan yang nyata dalam pencernaan setelah makan pisang. Sangat cocok untuk pasien yang sering merasa mulas dan refluks gastroesofageal.

  1. Mengontrol tekanan darah

Pisang menyediakan potasium yang dibutuhkan tubuh, dan pisang dengan bintik hitam kaya akan potasium dan rendah sodium, membantu menjaga tekanan darah normal.

  1. Antidepresan

Pisang mengandung tryptophan, yaitu zat penting bagi tubuh manusia untuk memproduksi serotonin, yang mempengaruhi mood otak dan juga merupakan neurotransmitter yang membantu tidur, membantu menenangkan mood dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Meredakan sembelit

Pisang dapat membantu motilitas saluran cerna, merupakan makanan berserat yang sangat baik, dan memiliki efek yang baik dalam meningkatkan pergerakan usus.

  1. Menjaga energi tubuh

Pisang memiliki kandungan kalori yang tinggi dan dapat memberikan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, mineral dalam pisang dapat mencegah kram otot. Pisang merupakan makanan tambahan terbaik saat dibutuhkan aktivitas yang berat atau lebih melelahkan.

  1. Mengobati bisul

Termasuk sakit maag, rasa tidak nyaman yang akut dapat menyebabkan kerusakan fungsi saluran cerna. Di antara banyak makanan, hanya tekstur pisang yang dapat meredakan masalah maag dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan pasien.

  1. Mencegah anemia

Pisang mengandung zat besi yang merupakan komponen utama produksi sel darah merah tubuh. Makan pisang dapat mengurangi gejala anemia dan menjaga fungsi normal sel darah merah untuk transportasi oksigen.

  1. Meredakan nyeri haid

Kalium dalam pisang dapat meredakan kram otot yang disebabkan oleh siklus menstruasi, dan pisang mengandung vitamin B6, yang dapat memperbaiki kembung dan edema.

Faktanya, Administrasi Pertanian dan Pangan juga secara terbuka menunjukkan bahwa bintik hitam pada pisang bukan karena kerusakan jangka panjang, tetapi ketika pisang terasa paling manis dan memiliki efek antioksidan terbaik. Makan pisang dengan benar memiliki banyak manfaat kesehatan !(lidya/yn)

Sumber: goez1