Bocah Kelas 5 SD Itu Bertabrakan dengan Temannya Sampai Giginya Tanggal, Orangtuanya Meminta Kompensasi 3 Miliar, Pengadilan Hanya Mengabulkan: 488 Juta

Erabaru.net. Beberapa waktu yang lalu, seorang siswa laki-laki bermarga Su di Taipei, Taiwan, dihukum membayar 220.000 yuan (sekitar Rp 488 Juta) karena mematahkan gigi temannya, menyebabkan diskusi panas di kalangan netizen.

Orangtua korban mengatakan: “Gigi putra saya telah mengalami kerusakan permanen, dan dia perlu menanam kembali giginya secara artifisial untuk mempertahankan estetikanya.”

Namun, hasil akhir dari ganti rugi pengadilan itu mengecewakan. Netizen memperdebatkannya. Siapa yang harus disalahkan?

Pada hari kejadian, anak kelas lima bermarga Zhang sedang mengobrol di koridor luar kelas. Anak laki-laki bermarga Su tiba-tiba berlari keluar kelas dan bertabrakan dengan Zhang, menyebabkan dia jatuh ke tanah.

Kemudian, pemeriksaan menemukan bahwa gigi seri kiri atas dan kanan atas Zhang tanggal. Dia kemudian mengajukan gugatan ke Pengadilan Distrik Shilin setelah persidangan, meminta orangtua Su untuk membayar biaya pengobatan dan biaya kompensasi terkait, dengan total 1,55 juta yuan (sekitar Rp 3,3 Miliar)

Netizen menyatakan simpati atas musibah yang dialami Zhang ini. Banyak orang mengatakan: “Ini bukan cedera kecil bagi seorang anak untuk mematahkan giginya, terutama perawatan gigi di kemudian hari sangat menakjubkan.”

Netizen yang lain mengatakan: “Kelas saat ini sisa waktu kegiatan sangat santai, para siswa berlarian kemana-mana, dan ada bahaya keamanan di mana-mana di sekolah.”

Orangtua Su berkata: “Para siswa semua aktif setelah kelas. Pada saat itu, Zhang Tong tiba-tiba berbalik dan berlari cepat di koridor, yang menyebabkan keduanya bertabrakan. Oleh karena itu, Zhang Tong juga memiliki tanggung jawab yang tidak dapat disangkal atas kejadian ini. Biaya pengobatan terlalu tinggi dan tidak masuk akal, dan saya meminta pengadilan untuk menolaknya.”

Pengadilan Distrik Shilin mengatakan bahwa, menurut video pengawasan pada saat itu, Zhang Tong sedang berbicara dengan teman-teman sekelasnya di luar kelas, dan tiba-tiba berbalik dan berlari lebih cepat, dan ini menyebabkan bertabrakan dengan Su yang berlari keluar dari dalam kelas. Oleh karena itu, perilaku Zhang Tong memiliki hubungan sebab akibat.

Setelah mempertimbangkan kemampuan keuangan tergugat dan tingkat kerusakan masalah, pengadilan memutuskan bahwa lebih masuk akal untuk memberikan penggugat 200.000 yuan, dari yang diminta.

Pada akhirnya, kedua belah pihak bertanggung jawab atas 50% dari kelalaian, dan penggugat dapat terus mengajukan banding. Apa yang Anda pikirkan tentang ini?(lidya/yn)

Sumber: voosweet