Pria di Tiongkok Dipuji Sebagai ‘Pahlawan Super’ Karena Menangkap Balita yang Jatuh dari Jendela Lantai 5

Erabaru.net. Seorang pria dari Tiongkok bagian timur telah dihormati sebagai pahlawan nasional setelah dia menangkap seorang balita yang jatuh dari jendela apartemen lantai limanya, mendarat di teras lantai pertama, dan kemudian meluncur jatuh ke trotoar.

Shen Dong, 31 tahun, sedang memarkir mobilnya di seberang jalan pada Selasa (19 Juli) ketika dia mendengar ledakan keras yang disebabkan oleh gadis berusia dua tahun itu mendarat di atap baja di teras lantai pertama sebuah kompleks perumahan setelah jatuh empat lantai di luar jendela.

Gadis kecil itu kemudian jatuh di tepi teras ketika dia mulai bergerak dan jatuh ke trotoar, tetapi Shen menangkap gadis kecil itu sebelum dia mendarat di beton, menurut video viral yang dirilis oleh polisi setempat pada hari Rabu.

Gadis dari Tongxiang di Provinsi Zhejiang cedera kaki dan paru-parunya, tetapi dia dalam kondisi stabil.

Shen, yang bekerja di bank terdekat, menelepon petugas darurat saat dia bergegas dengan seorang rekan wanita untuk membantu gadis itu, tetapi segera melemparkan ponselnya dan meraih balita itu tepat pada waktunya untuk mencegahnya jatuh ke tanah.

Dia mengatakan dia tidak menyadari itu adalah seorang anak sampai dia mulai bergerak beberapa detik setelah mendarat di teras. Gerakan itu membuatnya jatuh lagi, yaitu ketika Shen berlari untuk menangkapnya.

“Sejujurnya, saya tidak dapat mengingat detailnya. Saya tidak dapat mengingat apakah lengan saya sakit atau apa. Itu hanya naluri untuk menjangkau dia,” kata Shen kepada surat kabar lokal Qianjiang Evening News.

“Untung saya berhasil tepat waktu. Kalau tidak, saya akan merasa benar-benar mengerikan,” katanya.

Dia mengatakan anak itu selamat karena teras tempat dia jatuh termasuk bahan atap baja, yang melunakkan jatuhnya.

Video itu dibagikan secara luas dan menyentuh jutaan pengguna web setelah diposting di akun Weibo biro polisi Kota Jiaxing, yang mengawasi Tongxiang.

“Dia superhero, berani melangkah maju di saat kritis. Saya berharap dia bisa mendapatkan hadiah ponsel karena yang lama pasti rusak,” komentar salah satu pengguna.

Dalam kasus serupa 11 tahun lalu, seorang ibu muda bernama Wu Juping, juga dari Provinsi Zhejiang, memenangkan tepuk tangan nasional karena secara ajaib menangkap seorang balita yang jatuh dari rumahnya di lantai 9 saat berjalan di bawah gedung.

Gadis itu selamat, dan Wu mematahkan tangannya. Dia dijuluki “ibu paling cantik” di Tiongkok karena kepahlawanannya.(lidya/yn)

Sumber: asiaone