Pria Mencoba Melakukan Operasi Hidung pada Dirinya Sendiri, Berakhir di Rumah Sakit

Erabaru.net. Seorang pria Brasil berakhir di ruang gawat darurat minggu lalu, setelah mencoba melakukan operasi hidung pada dirinya sendiri, menggunakan tutorial di YouTube dan lem super.

Anda dapat menemukan segala macam tutorial DIY di YouTube akhir-akhir ini, dan itu tampaknya termasuk operasi hidung juga. Namun, hanya karena seseorang mengatakan Anda tidak harus menjadi dokter untuk melakukan operasi, terutama jika itu pada diri Anda sendiri, itu bukan ide yang baik.

Sayangnya, seorang pria di Sao Paolo, Brasil, benar-benar mencoba melakukan operasi hidung sendiri menggunakan panduan video YouTube dan berakhir di Unit Perawatan Darurat Campo Limpo dengan luka yang terinfeksi.

Pria itu mengatakan kepada dokter bahwa dia tidak menggunakan sarung tangan untuk melakukan prosedur dan tidak membersihkan lukanya agar tidak membuka jahitannya.

Pria itu, yang namanya tidak diungkapkan oleh rumah sakit, mengatakan kepada dokter di bagian hidung, tenggorokan dan telinga bahwa dia mendapat ide untuk melakukan operasi hidungnya sendiri di YouTube, dan bahwa dia menggunakan alkohol untuk mendisinfeksi area tersebut, dan anestesi untuk menghilangkan rasa sakit. Setelah dia selesai “operasi”, dia menggunakan kain kasa dan lem super untuk menutup lukanya.

“Setelah disambut oleh tim medis kesehatan mental, pasien menjalani perawatan oleh tim BMF, yang melakukan pembersihan luka, pembalutan, dan bimbingan tentang perawatan yang diperlukan,” tulis dalam siaran pers rumah sakit. “Pasien dipulangkan dari rumah sakit pada hari yang sama, selain dirujuk untuk kunjungan kembali dengan spesialisasi BMF.”

Calon ahli bedah muncul di rumah sakit pada 21 Juli, tetapi kasusnya baru diungkapkan oleh media kemarin. Sekarang sorotan pada apa yang disebut video “rhinoplasti rumah” yang diduga mengajarkan orang bagaimana membuat hidung mereka lebih kecil atau lebih tipis. Dokter memperingatkan bahwa prosedur bedah amatir semacam itu dapat, selain menyebabkan efek sebaliknya dari yang diinginkan, menyebabkan kematian.

Perhimpunan Bedah Plastik Brasil (SBCP) juga menerbitkan pernyataan peringatan di situs resminya, mengklarifikasi bahwa operasi hidung, “selain menjadi tindakan medis eksklusif, memerlukan spesialisasi dan kualifikasi untuk melakukannya”.

Menariknya, ini bukan pertama kalinya seseorang melakukan operasi pada dirinya sendiri. Pada tahun 2016, seorang insinyur Inggris mengoperasi dirinya sendiri setelah dimasukkan dalam daftar tunggu yang panjang.(lidya/yn)

Sumber: odditycentral