Apakah Anda Akan Menghilangkan ‘Gelembung’ Saat Memasak? Kebenaran di Balik Gelembung-gelembung Itu Ternyata Seperti Ini… Menakjubkan!

Erabaru.net. Ketika kita memasak sesuatu yang berkuah, atau membuat teh atau jus, lapisan busa akan muncul di permukaan.

Sebagian orang beranggapan bahwa busa ini adalah intisari makanan, sementara yang lain berpikir bahwa terlalu banyak makan busa ini berbahaya bagi tubuh.

Apakah busa ini “harus dibiarkan” atau “harus dihilangkan”?

  1. Busa bubur atau mie

Baik biji-bijian dan tepung mengandung protein, yang larut ke dalam air selama memasak untuk bertindak sebagai surfaktan, dan pati di dalamnya juga larut ke dalam air, meningkatkan viskositas air.

Sup dengan viskositas tinggi membantu menjaga kestabilan busa, yang berarti semakin kental sup, semakin banyak busa yang dihasilkan. Busa ini tidak berbahaya bagi kesehatan dan dapat dimakan.

  1. Busa daging rebus

Busa saat memasak daging sedikit lebih rumit. Komponen utama timbulnya busa juga protein. Namun, lemak dan komponen lain dalam daging juga akan muncul di busa. Selain itu, banyak pembuluh darah di daging dan beberapa residu darah juga akan mengalir ke buih. Dalam sup, bau dan penampilan yang tidak menyenangkan sering dihasilkan dari busa ini.

Oleh karena itu, busa yang dihasilkan pada tahap awal memasak daging terutama berasal dari air darah yang tersisa di daging, bersama dengan beberapa kotoran, yang terbaik adalah membuangnya.

Dan setelah itu, busa putih dihasilkan, terutama protein dalam daging, yang dapat dipertahankan.

  1. Gelembung teh

Zat yang menghasilkan busa saat menyeduh teh disebut ‘tea saponin’, sejenis saponin, yang memiliki efek antibakteri dan dapat menghambat penyerapan lemak. Karena itu, jangan menghilangkan lapisan busa ini saat minum teh. Namun, jumlah saponin teh dalam teh terlalu rendah untuk menghasilkan jumlah yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek antibakteri dan kesehatan lainnya.

  1. Busa susu kedelai

Busa yang dihasilkan dari memasak susu kedelai terutama dihasilkan oleh saponin. Tidak ada yang salah dengan itu sendiri, tetapi itu akan membuat susu kedelai penuh busa ketika tidak dipanaskan sampai mendidih. Pada saat ini, susu kedelai mengandung anti-nutrisi seperti inhibitor protease, yang akan mempengaruhi penyerapan protein.

Oleh karena itu, Anda dapat menambahkan sedikit minyak untuk menghilangkan busa, atau panaskan dengan api kecil sampai busanya hilang, dan panaskan susu kedelai sampai benar-benar mendidih.

  1. Busa kopi

Ada banyak bahan dalam kopi yang bisa menghasilkan busa, dan partikel kopi yang halus itu sendiri juga bisa menghasilkan busa. Busa cappuccino dihasilkan oleh susu. Baik itu kopi itu sendiri atau busa yang dihasilkan susu, tidak berbahaya bagi kesehatan dan dapat dinikmati secara maksimal.

  1. Busa jus sayuran yang diperas

Busa saat menekan jus sayur sama dengan busa pada kopi, banyak zat yang dapat dihasilkan, juga nutrisi dalam jus buah dan sayuran dan tidak mempengaruhi kesehatan. (lidya/yn)

Sumber: goez1