Seniman Melempar Acar Burger Keju McDonald’s ke Langit-langit dan Mendapatkan Lebih dari 90 Juta untuk ‘Karya Seni’ Itu

Erabaru.net. Seorang seniman Australia benar-benar menghidupkan ungkapan ‘kecantikan ada di mata yang melihatnya’ dengan karya terbarunya.

Seniman Australia yang berbasis di Sydney, Matthew Griffin, mengambil acar dari burger keju McDonald’s dan melemparkannya ke Langit-langit.

Mari kita perjelas: tindakan yang dilakukan beberapa orang setiap kali mereka mendapatkan burger dari Macca’s sekarang dianggap seni. Dan itu juga tidak akan murah.

Griffin telah memasang ‘karya seninya’, yang berjudul “Pickle”, di Galeri Michael Lett Auckland sebagai bagian dari pameran Seni Rupa, Sydney.

Ryan Moore, direktur Seni Rupa mengatakan: “Tanggapan lucu terhadap karya itu tidak valid – tidak apa-apa, karena itu lucu.”

Anda akan benar dalam menyatakan bahwa itu lucu. Namun, label harga 9.000 dollar Australia (sekitar Rp 93 juta) untuk karya tersebut akan segera menghentikan tawa itu.

Orang-orang yang menghadiri pameran di Selandia Baru akan disambut dengan acar Griffin yang secara harfiah menempel di atap galeri dan ditutupi sejenis saus.

Moore menambahkan: “Secara umum, seniman bukanlah orang yang memutuskan apakah sesuatu itu bukan seni – merekalah yang membuat dan melakukan sesuatu.”

“Apakah sesuatu itu berharga dan bermakna sebagai karya seni adalah cara kita secara kolektif, sebagai masyarakat memilih untuk menggunakannya atau membicarakannya.”

“Meskipun ini terlihat seperti acar yang menempel di langit-langit – dan tidak ada kecerdasan di sana, itulah adanya – ada sesuatu dalam pertemuan dengan itu sebagai patung atau gerakan pahatan.”

Yang lebih lucu lagi adalah si kolektor yang akhirnya membeli karya seni ini bahkan tidak akan membawanya pulang.

Jika Anda atau seorang kolektor ingin membayar 93 juta untuk barang tersebut, maka Anda akan mendapatkan ‘petunjuk’ tentang cara menciptakan kembali visi di rumah Anda sendiri.

Moore berkata: “Ini bukan tentang keahlian seniman yang berdiri di sana di galeri dan melemparkannya ke langit-langit – bagaimana sampai di sana tidak masalah, selama seseorang mengeluarkannya dari burger dan mengibaskannya ke langit-langit.”

“Gerakannya sangat murni, sangat menyenangkan … itulah yang membuatnya begitu baik.”

Rupanya karya tersebut telah mendapatkan beberapa tampilan penasaran sejak dipasang dan itu memicu percakapan lagi tentang ‘apa itu seni?’

Co-director Michael Lett Gallery, Andrew Thomas, mengatakan itu membantu orang ‘berpikir luas tentang berbagai ide yang dirangkum’. (lidya/yn)

Sumber: unilad