Hujan Deras dan Banjir Bandang Menerjang Kabupaten Zhongyang, Shanxi, Tiongkok

Li Mei dan Lin Mingdi

Provinsi Shanxi, Tiongkok diguyur hujan deras. Banjir bandang melanda banyak kabupaten dan kota. Sedikitnya 6 orang hanyut, banyak rumah dan jalan hanyut. Bahkan, kendaraan juga dihanyutkan oleh banjir.

Dari larut malam hingga pagi 10-11 Agustus, Kabupaten Zhongyang, Shanxi mengalami hujan lebat terbesar tahun ini, dengan curah hujan 205,8 cm, dan hujan deras menyebabkan banjir bandang.

Karena Kabupaten Zhongyang dibangun di atas gunung, jalan besar yang menanjak, dan banjir bandang turun dengan bantuan gunung, dan kekuatannya sangat kuat. Banjir membawa banyak sedimen, mengubah jalan utama menjadi sungai kuning.

Kota Ningxiang dan Kota Jinluo terkena dampak parah, Rumah-rumah runtuh, jalan-jalan tersapu bersih, kendaraan hanyut, dan orang-orang masih berada di dalam mobil.

Seorang pemilik supermarket mengatakan air  mengalir ke supermarket dengan kedalaman lebih dari satu meter, menghanyutkan barang-barang dan dua kendaraan.

Sebuah komunitas di Kabupaten Fangshan terendam banjir setinggi dua meter.  Pada satu titik lebih dari selusin orang terjebak.

Media resmi pemerintah mengatakan bahwa enam pekerja tersapu oleh banjir bandang di lokasi pembangunan jalan raya di Kota Jinluo, Kabupaten Zhongyang, Provinsi Shanxi, dan keberadaan lima lainnya tidak diketahui.

Situasi sebenarnya tidak jelas karena otoritas memblokir informasi.

Dinas Meteorologi dan Konservasi Air Provinsi Shanxi, Tiongkok memperingatkan bahwa dari  12-13 Agustus malam, banjir bandang juga dapat terjadi di Xinzhou, Luliang, Shuozhou, Taiyuan dan tempat-tempat lain di Provinsi Shanxi. (hui)