Kekeringan Terparah Dalam Kurun Waktu 500 Tahun di Eropa, Penurunan Tingkat Air Sungai Rhine Berdampak Terhadap Angkutan Kapal Barang

Sungai Rhine dengan air surut di Cologne, Jerman, pada 10 Agustus 2022. (Martin Meissner/AP Photo)

Lin Yutang dan Zhao Tingyu dari NTD Asia-Pacific TV

 Eropa dilanda gelombang panas. Kekeringan yang parah menyebabkan permukaan  sungai besar seperti Rhine dan Danube turun. Dampaknya menghambat transportasi komoditas energi dan industri. Ditambah dengan pengurangan kapasitas pembangkit listrik tenaga air, Perang Rusia-Ukraina, yang menyebabkan krisis energi, memperburuk keadaan.

Kapal-kapal berlayar perlahan di jalur air penting Jerman. Ketika Eropa menghadapi kekeringan parah, Danube dikeruk, permukaan air Rhine turun.  Bahkan gundukan pasir pun terlihat, berdampak pada transportasi kapal barang. Jerman, yang bergantung pada pengiriman dengan sungai Rhine, menanggung bebannya.

disiarkan oleh NTD Asia Pasifik, Rabu (17/8) Jörg Belz, perwakilan dari Institut Hidrologi Jerman mengatakan, tingkat air yang rendah menyebabkan penggunaan sungai Rhine dibatasi dan rendahnya kapasitas pengiriman perairan  yang juga berarti bahwa setiap orang  mengangkut barang dan jasa melalui perairan,  jelasnya memiliki lebih sedikit peluang pasokan.”

Sungai Rhine adalah pilar ekonomi Jerman, Belanda dan Swiss, dan salah satu jalur air penting di Eropa, jalur air transportasi utama untuk produk energi seperti diesel dan batubara dan komoditas industri. Saat ini, permukaan air Sungai Rhine mendekati titik terendah dalam sejarah. Untuk menghindari kandas, kapal kargo harus mengurangi kapasitas kargonya, yang sangat meningkatkan biaya transportasi. Saat ini, perusahaan pelayaran sedang bersiap untuk beralih ke transportasi darat seperti seperti truk atau kereta api.

Stephen Mnich, manajer layanan transportasi darat mengatakan, pihaknya harus menganalisis setiap perjalanan, setiap pesanan yang diambil, pihaknya harus mempertimbangkan berapa banyak air yang tersisa di sungai, dan yang tidak diketahui banyak orang adalah ketika  berlayar di atas air dan berada di perairan dangkal. Di wilayah perairan, ketinggian air hanya 10 hingga 30 sentimeter di bawah kapal. 

Gelombang panas yang ekstrim di Eropa menyebabkan Eropa mengalami kekeringan terbesar dalam kurun waktu 500 tahun.  Tidak hanya mempengaruhi transportasi, tetapi juga menyebabkan petani menguras air irigasi, dan kebakaran hutan berkobar di Spanyol dan Prancis. Kapasitas produksi pembangkit listrik tenaga air telah berkurang sekitar 20%. Sedangkan panel surya dan tenaga panas juga terpengaruh oleh suhu tinggi,  beroperasi secara tidak efisien, memperburuk kekurangan energi yang sangat besar di Eropa. (hui)