Perlu Tahu ! Salah Ketika Minum Air Bisa Menyebabkan Kematian

Erabaru.net. Air adalah sumber kehidupan, setiap orang setiap hari pasti minum air. Meskipun minum air adalah hal lumrah yang dilakukan orang, tetapi kesalahan ketika minum air juga bisa membuat orang keracunan, bahkan dalam keadaan yang serius dapat menyebabkan kematian. Jadi harap diingat bahwa kita perlu minum air dalam jumlah yang sedang atau tidak berlebihan.

Keracunan air

Beberapa orang berpikir bahwa banyak minum air lebih baik. Namun, sekali minum air dalam jumlah banyak itu akan menambah beban pada tubuh yang dapat menyebabkan beberapa gejala tidak nyaman.

Direktur DR. Lobsang Preventive Medicare di Taipei, Taiwan, mengatakan bahwa minum banyak air dapat menimbulkan gas yang berlebihan, mual serta meningkatkan tekanan pada jantung dan ginjal. Karena ginjal harus terus bekerja untuk mengeluarkan kelebihan air dari tubuh, sehingga rasa lelah tubuh juga akan meningkat.

Pakar Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa seseorang yang minum lebih dari 4 liter air seharinya dapat mengalami keracunan, dan juga dapat menyebabkan kerusakan otak bahkan kematian.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pelari maraton dan jarak jauh lebih mungkin menderita keracunan air jika mereka mengonsumsi banyak air dalam waktu singkat usai berolahraga.

Ada pula pakar yang mengatakan bahwa keracunan air adalah ketika jumlah air yang diasup oleh tubuh manusia lebih besar dari kapasitas ginjal untuk mengeluarkannya, maka sejumlah besar air akan tetap berada di dalam tubuh, menyebabkan volume cairan intraseluler dan ekstraseluler menjadi banyak dan tekanan osmotik menurun, mengganggu fungsi normal sel.

Minum terlalu banyak air juga dapat menyebabkan hiponatremia, yang dapat menyebabkan kematian pada kasus yang parah. Keracunan air adalah penyakit fatal dengan kerusakan otak.

Bagaimana minum air yang sehat ?

Kekurangan air dalam tubuh manusia sebaiknya diisi kembali melalui 8 hingga 10 kali minum. Dan minum air putih sebaiknya pada saat perut kosong, agar air langsung bersirkulasi di saluran pencernaan dan lebih mudah diserap tubuh.

Air putih yang direbus adalah minuman terbaik

Air yang direbus dapat menghilangkan bakteri dan senyawa organik yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Kualitas air kesadahan tinggi juga akan ditingkatkan. Ini adalah air minum pertama yang memenuhi kebutuhan kesehatan manusia.

Apakah perlu segera minum ketika terasa haus ?

Dalam keadaan normal, otak manusia mendeteksi apakah tubuh mengalami dehidrasi melalui mengirim rasa haus, mengingatkan orang bersangkutan untuk minum air, dan pada saat yang sama melepaskan hormon, yang mendorong ginjal untuk menyimpan urin demi mempertahankan kadar air.

Orang yang biasa minum air tidak perlu khawatir tentang keracunan air. Pakar menyarankan bahwa dalam kondisi normal, pria tidak minum melebihi 3,7 liter air, sedangkan wanita tidak minum melebihi 2,7 liter air dalam sehari. (sin/yn)

Sumber: NTDTV