Anda Wanita dan Masih Jomblo? Anda Dapat Membeli Suami di Pasar Pengantin Pria di India

Erabaru.net. Selama lebih dari 700 tahun, negara bagian Bihar di India telah menjadi tuan rumah pasar pengantin pria yang unik di mana wanita dan keluarga mereka datang untuk berbelanja suami.

Setiap tahun, ribuan pria berkumpul di bawah pohon Pipal di area pasar lokal distrik Madhubani, negara bagian Bihar, India, dan menunggu untuk dipilih oleh calon pengantin.

Disebut Saurath Mela atau Sabhagachhi, pasar pengantin pria 9 hari diduga dimulai oleh Raja Hari Singh dari Dinasti Karnat lebih dari tujuh abad yang lalu untuk memudahkan wanita menemukan suami yang tepat dari beragam kelompok pria.

Setiap pengantin pria diberi harga berdasarkan kemampuan mereka, termasuk kualifikasi pendidikan dan latar belakang keluarga mereka.

Bayangkan pergi ke pasar untuk menjemput pasangan hidup Anda. Kedengarannya gila, terutama di zaman sekarang ini, tapi begitulah cara beberapa wanita Maithili di Bihar memilih suami mereka.

Ditemani oleh keluarga mereka, mereka menelusuri penawaran yang tersedia, meminta bukti seperti akta kelahiran dan akta sekolah, dan jika mereka menemukan seseorang yang mereka sukai (dan mereka mampu), mereka mulai mendiskusikan detailnya.

Al Jazeera baru-baru ini mendokumentasikan pasar pengantin pria tradisional Bihar, melaporkan bahwa insinyur, dokter, dan pegawai pemerintah paling dicari, dengan yang muda menjadi yang paling populer.

Meskipun mahar secara resmi ilegal di India, dan salah satu tujuan utama pasar pengantin pria adalah untuk menghilangkan mahar, masih merupakan praktik umum bagi para bujangan muda yang memenuhi syarat untuk menuntut mahar yang cukup besar dari keluarga pengantin wanita.

Rupanya, pengantin wanita sendiri hampir tidak memiliki suara dalam memilih pengantin pria. Keluarga mereka yang memiliki keputusan terakhir, akhirnya memilih bujangan yang memberikan keseimbangan yang baik antara keterjangkauan dan resume yang mengesankan.

Meskipun pasar pengantin pria di Bihar tidak sepopuler beberapa dekade yang lalu – terutama karena pilihan yang lebih nyaman, seperti aplikasi kencan online – masih menarik ribuan bujangan, beberapa di antaranya melakukan perjalanan ratusan kilometer dengan harapan karena dipilih.

Menariknya, India juga memiliki pasar pengantin wanita. Di Haudati, pengantin wanita tersedia dengan berbagai harga, tergantung pada kualifikasi dan keterampilan mereka dalam mengurus rumah. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral