Pasangan Berusia 70-an Menyambut Bayi Pertamanya Setelah 54 Tahun Menikah

Erabaru.net. Sepasang suami istri dari negara bagian Rajasthan di India, baru-baru ini menyambut bayi pertama mereka setelah 54 tahun menikah, yang menjadikan mereka salah satu pasangan tertua dalam sejarah yang pernah memiliki bayi.

Gopichand yang berusia 75 tahun dan istrinya Chandravati yang berusia 70 tahun, telah lama berusaha untuk memiliki bayi, tetapi impian mereka tidak pernah menjadi kenyataan. Selama bertahun-tahun mereka mengunjungi banyak rumah sakit dan klinik, menjalani berbagai perawatan dan prosedur, tetapi tidak ada yang berhasil.

Sekitar satu setengah tahun yang lalu, sang suami mendatangi klinik kesuburan in-vitro di Alwar tentang kemungkinan istrinya akhirnya hamil. Usia lanjut wanita itu mengkhawatirkan, tetapi ada kisah sukses sebelumnya, seperti Jivuben Valabhai Rabari, wanita lain berusia 70 tahun dari pedesaan Gujarat, yang tahun lalu menjadi berita utama ketika dia melahirkan bayi yang sehat. Setelah dua prosedur IVF yang gagal, Chandravati akhirnya hamil, dan baru-baru ini menyambut bayi laki-laki yang sehat.

“Chandrawati bisa hamil sembilan bulan lalu dalam upaya ketiga melalui IVF. Selain ada kebahagiaan, ada juga unsur ketakutan karena usia ibu yang sudah lanjut. Tapi akhirnya, pada hari Senin (8/8), dia melahirkan bayi yang sehat,” kata ahli IVF dr. Pankaj Gupta.

Ayah yang bangga, mantan tentara yang tertembak di kaki selama perang Bangladesh, tidak dapat menahan kegembiraan menggendong putranya untuk pertama kalinya. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia senang bisa mewariskan nama keluarganya, karena dia adalah putra tunggal ayahnya. Mereka telah berusaha untuk memiliki bayi sejak tahun 1968…

“Hanya ada beberapa kasus anak yang lahir pada usia ini di seluruh negeri,” kata dr. Gupta. “Ini mungkin kasus pertama Rajasthan ketika seorang pria berusia 75 tahun dan wanita berusia 70 tahun memiliki seorang anak.”

Menariknya, Gopichand dan Chandravati Devi mungkin adalah septuagenarian India terakhir yang menjadi orangtua melalui IVF, karena undang-undang baru yang mulai berlaku pada bulan Juli tahun ini melarang pusat infertilitas IVF untuk memberikan perawatan kepada wanita dan pria di atas usia 50 tahun, beruntung telah mengandung bayi sebelum hukum mulai berlaku.

Wanita tertua yang pernah melahirkan juga berasal dari India – pada tahun 2019, Mangayamma yang berusia 74 tahun melahirkan gadis kembar yang sehat mengikuti prosedur IVF. (lidya/yn)

Sumber: odditycentral