Apakah Hidup Anda Pembawa Air atau Penggali Sumur?

Erabaru.net. Dahulu kala, ada dua biksu yang tinggal di kuil-kuil di dua gunung yang berdekatan, satu berna “Yixiu” dan yang lainnya “Erxiu”. Tidak ada air di kedua gunung ini, jadi kedua biksu harus pergi ke sungai kecil di bawah gunung untuk mengambil air. Mereka sering bertemu saat mengambil air, sehingga keduanya menjadi teman dari waktu ke waktu.

Dengan cara ini, lima tahun telah berlalu. Suatu hari, Erxiu pergi ke sungai untuk mengambil air seperti biasa, dan dia menemukan bahwa Yixiu tidak muncul.

Erxiu berpikir, biksu Yixiu mungkin ketiduran. Keesokan harinya, Erxiu pergi mengambil air lagi, tetapi dia masih tidak melihat Yixiu. Setelah seminggu dan sebulan, Yixiu masih tidak muncul.

Erxiu sangat khawatir dan berpikir, mungkin Yixiu sakit. Jadi dia pergi mengunjunginya untuk melihat, dan apakah dia dapat membantunya.

Ketika dia naik gunung ke kuil tempat Yixiu berada, dia menemukan bahwa biksu Yixiu sedang melakukan latihan Tai Chi di depan kuil, dan dia sama sekali tidak terlihat seperti orang sakit.

Dia bertanya dengan heran: “Yixiu, kamu belum turun gunung untuk mengambil air selama sebulan, mengapa kamu tidak mengambil air ?”

Yixiu tersenyum dan membawanya ke halaman belakang kuil, menunjuk ke sebuah sumur dan berkata: “Dalam lima tahun terakhir, setelah saya mengambil air setiap hari dan setelah menyelesaikan pekerjaan rumah saya, saya akan menggunakan waktu luang untuk menggali sumur. Bahkan jika saya kadang-kadang sibuk, saya akan menggali sebanyak yang saya bisa.”

“Sekarang setelah airnya mengalir, saya tidak perlu turun gunung untuk mengambil air lagi! Saya juga dapat menghemat banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang saya suka, seperti berlatih Tai Chi, haha!”

Sejak sumur itu mengeluarkan air, Yixiu tidak lagi harus bekerja keras dan menghabiskan waktu untuk mengambil air di bawah gunung, tetapi Erxiu masih harus turun gunung setiap hari dan tidak beristirahat.

Orang pintar selalu tahu bagaimana menggunakan waktu luang mereka untuk membantu diri mereka sendiri menemukan pendapatan yang berkelanjutan, atau untuk mengembangkan aspek lain dari kekuatan mereka, sehingga memperoleh sumber kekayaan dan kesuksesan yang langgeng dalam hidupnya.

Di setiap era bisnis, sebagian besar orang kaya akan ditempa, dan penempaan setiap orang kaya adalah apa yang dia lakukan secara diam-diam ketika orang lain tidak mengerti; ketika orang lain belum mengerti, dia sudah mengerti apa yang dia lakukan! Ketika dia sukses, dan ketika orang lain mengerti dia sudah kaya!

Terserah Anda untuk memutuskan apakah akan menjadi penggali sumur atau pembawa air. Sebelum Anda memiliki sumur, membawa air dapat menjamin kebutuhan mendesak Anda, tetapi jika Anda memiliki visi jangka panjang dan pikiran yang bijaksana, Anda akan berpikir untuk menggali sumur kekayaan Anda sendiri, yang merupakan sumber kekayaan yang sebenarnya.

Tentu saja, menggali sumur sambil membawa air akan lebih melelahkan daripada yang hanya fokus membawa air. Namun, ketika Anda berhasil menggali sumur yang baik, itu akan memberi Anda dan keluarga Anda hadiah yang mahal dalam seumur hidup! (lidya/yn)

Sumber: ezp9