7 Hal Tak Terduga yang Dapat Dideteksi oleh Anjing

Erabaru.net. Diketahui bahwa anjing adalah pemilik hidung super yang nyata. Bukan tanpa alasan Anda terlebih dahulu mengulurkan tangan kepada anjing yang ramah untuk menyambut Anda, sehingga dia dapat mengendusnya dengan tenang dan memutuskan apakah dia menyukai kita atau lebih memilih untuk menjaga jarak.

Tapi antena yang sangat halus dari indera penciuman bulu hidung sebenarnya telah diteliti lebih dan lebih dekat dalam beberapa dekade terakhir. Hasilnya bahkan melebihi harapan terliar – sekarang semua pemilik anjing yang selalu melaporkan firasat teman berkaki empat mereka akhirnya mendapatkan konfirmasi: Ya, anjing benar-benar tahu banyak hal sebelum manusia karena hidung mereka telah memberi tahu mereka.

  1. Kehamilan

Anjing juga dapat merasakan perubahan terkecil dalam bau badan orang “mereka”. Selama kehamilan, perubahan hormonal yang drastis terjadi di dalam tubuh dan anjing akan menyadari sejak awal bahwa ada sesuatu yang berbeda di sini dari biasanya, mungkin juga terganggu pada awalnya karena ibu manusianya tiba-tiba berbau seperti seseorang yang benar-benar baru.

  1. Identitas

Anjing kurang mengenali orang lain dengan penampilan mereka daripada dengan bau khas mereka sendiri. Meskipun penyamaran mewah dapat digunakan untuk menipu orang lain, seekor anjing hanya akan sedikit bingung sampai cukup dekat untuk mengidentifikasi Anda dengan bau. Maka tidak akan ada keraguan lagi – wig dan hidung palsu juga tidak akan membantu. Anjing yang terlatih bahkan dapat membedakan kembar identik dari baunya.

  1. Kanker

Kanker mengubah cara kerja sel kita, menyebabkan sel berkembang biak dan tumor tumbuh. Sel-sel yang sakit menghasilkan protein khusus yang dapat dicium oleh anjing. Penelitian telah menunjukkan bahwa ini bukan mitos: anjing dapat mencium kanker paru-paru dari napas mereka, dan kanker kandung kemih dan prostat dari urin mereka.

  1. Kejang epilepsi

Anjing dapat mengantisipasi serangan epilepsi pada manusia hingga 45 menit sebelum dimulai. Diyakini bahwa kejang yang sebenarnya didahului oleh perubahan bau badan yang sangat spesifik. Anjing kemudian sering mulai menggonggong dalam kemarahan dan dengan demikian dapat memperingatkan manusia mereka terlebih dahulu.

  1. Interaksi dengan anjing lain

Situasi yang terkenal: Anda berinteraksi dengan anjing lain di jalan dan ketika Anda pulang ke rumah, teman berkaki empat Anda tidak mau berhenti mengendus-endus manusianya dengan penuh minat. Apa yang dia temukan di sana? Misalnya, apa jenis, jenis kelamin, dan suasana hati anjing lain itu. Sulit dipercaya!

  1. Perubahan kadar gula darah

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa ketika kadar gula darah kita rendah, anjing dapat menciumnya – bau keringat kita berbeda. Bagi pemilik anjing yang menderita diabetes, ini bisa menjadi sinyal peringatan yang berharga jika anjing mereka bereaksi gugup terhadap perubahan tersebut.

  1. Badai dan cuaca buruk

Ketika hewan tiba-tiba mencari tempat yang aman tanpa alasan yang jelas, orang akan melakukannya dengan baik untuk mengikuti – sesuatu secara harfiah “di udara”. Anjing dapat mencium perubahan sekecil apa pun di udara dan juga sangat sensitif terhadap getaran tanah.

Jika anjing Anda tiba-tiba melarikan diri, ikuti saja. Sulit untuk percaya apa yang anjing rasakan melalui hidungnya yang halus yang bahkan tidak disadari oleh kita sebagai manusia. Sebaiknya kita memperhatikan perilaku mereka dan menanggapi gonggongan peringatan mereka dengan serius – suatu hari nanti bisa menyelamatkan hidup kita.(lidya/yn)

Sumber: stimmung