Puluhan Bangkai Kapal Perang Jerman PD II Muncul Di Permukaan Air Sungai Danube yang Turun Akibat Kekeringan

bangkai kapal PD-11

oleh Zheng Yi

Kekeringan parah di Eropa telah menyebabkan permukaan air Sungai Danube turun, sehingga sejumlah puluhan bangkai kapal perang Jerman yang tenggelam selama Perang Dunia II muncul dari air.

Kekeringan parah yang terjadi pada musim panas tahun ini telah mendorong permukaan air sungai terbesar kedua di Eropa, Danube, ke level terendah dalam sejarah.

Di wilayah Prahovo Serbia, puluhan bangkai kapal perang Jerman yang tenggelam selama Perang Dunia II muncul dari air, dan sangat mempengaruhi lalu lintas air.

Emanuele Giaufret, duta besar Uni Eropa untuk Serbia mengatakan : “Ini adalah masalah bagi lalu lintas Sungai Danube. Selain membatasi navigasi, bangkai-bangkai kapal ini juga berbahaya karena mungkin saja dalam beberapa kapal perang itu masih terdapat amunisi yang belum meledak”.

Diperkirakan ada total 40 bangkai kapal perang yang tenggelam di perairan ini, di mana sekitar 21 di antaranya cukup mempengaruhi lalu lintas air Sungai Danube. Uni Eropa dan Bank Investasi Eropa telah menyetujui pendanaan untuk mengangkat 21 bangkai kapal yang tenggelam demi keamanan pelayaran sungai. (sin)