Dokter di Tiongkok Menemukan Bola Rambut Seberat 1 Kilogram di Perut Gadis yang Memakannya untuk Mencari Perhatian Orangtuanya

Erabaru.net. Sebuah laporan video tentang seorang gadis muda yang memakan rambutnya untuk mendapatkan perhatian yang berakhir di rumah sakit telah menjadi viral di Tiongkok, dengan jutaan tampilan di media sosial.

Pada hari Minggu (21/8), Lizhi News melaporkan bahwa gadis berusia sembilan tahun itu datang ke rumah sakit setempat di Suqian, Provinsi Jiangsu, Tiongkok bagian timur, dengan gejala termasuk mual dan muntah. Ahli gastroenterologi yang menangani kasus gadis itu, Zhao Chengguang, menemukan bola rambut seberat hampir 1kg di perut gadis itu.

“Rambut itu bercampur dengan makanan dan cairan lambung di dalam perut dan telah membentuk bulat,” kata Zhao.

Dokter mengeluarkan bola rambut dalam prosedur yang memakan waktu lebih dari 10 jam karena usia gadis itu yang masih muda dan kerongkongan yang sempit.

Para dokter mendiagnosis gadis itu dengan kondisi psikologis yang dikenal sebagai Pica, di mana orang menelan benda asing selain makanan.

“Kami kemudian mengetahui bahwa dia berusaha mendapatkan perhatian orangtuanya dengan menelan rambut,” kata Zhao. “Jadi kami menyarankan orangtuanya bahwa akan lebih baik memberinya perawatan psikologis untuk mencegah hal itu terjadi lagi.”

Banyak yang melihat cerita itu terkejut karena orangtuanya tidak segera mengetahui penyakit mental gadis itu, dengan banyak yang menuduh mereka “tidak bertanggung jawab”.

“Orangtuanya benar-benar tidak merawat anak itu, jadi butuh waktu lama bagi mereka untuk mengetahuinya,” komentar salah satu pengguna di Douyin.

“Anak yang malang!,” kata orang lain. “Anak-anak yang menerima perawatan orangtua yang tidak memadai lebih mungkin untuk mengembangkan masalah psikologis.”

Pica, keinginan abnormal untuk makan sesuatu yang biasanya tidak dimakan sebagai makanan, sering ditemukan pada anak-anak, menurut Zhao, dan biasanya dipicu oleh masalah psikologis.

“Selain memberikan pengasuhan dan perhatian yang memadai kepada anak, orangtua juga harus memperhatikan perilakunya dan membimbingnya dengan pengetahuan terkait kesehatan,” ujarnya.

Pica adalah gangguan psikologis yang paling sering ditemukan pada anak-anak dan perilaku yang terkait biasanya dimaksudkan untuk menarik perhatian penderitanya.

Awal bulan ini, seorang gadis berusia lima tahun dari Foshan, Provinsi Guangdong, Tiongkok tenggara, terobsesi untuk memakan rambut meskipun orangtuanya berulang kali mencoba untuk menghentikannya.

Pada Desember 2020, seorang gadis 14 tahun dari Hangzhou, Provinsi Zhejiang di Tiongkok timur, ditemukan dengan bola rambut seberat satu kilogram di perutnya. Dokter kemudian menemukan bahwa gadis itu telah memakan rambut selama lebih dari setahun karena kurangnya perhatian dari orangtuanya setelah kelahiran anak kedua mereka.(lidya/yn)

Sumber: asiaone