Banjir yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya Melanda Pakistan, Sebagian Besar Wilayah Terendam

Seorang pria mencari barang-barang yang bisa diselamatkan dari rumahnya yang terendam banjir di distrik Shikarpur, Provinsi Sindh, Pakistan, pada 1 September 2022. (Fareed Khan/AP Photo)

NTD

Pakistan dilanda curah hujan tinggi dan banjir terberat dalam sejarah. Sebagian besar wilayah terendam.  Sejak pertengahan Juni sebanyak 1.162 orang tewas, 3.554 orang terluka dan 33 juta jiwa terdampak. CNN melaporkan bahwa citra satelit terbaru menunjukkan banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya menyebabkan Sungai Indus meluap, membentuk danau pedalaman seluas 100 kilometer di beberapa bagian provinsi Sindh.

Pakistan menghadapi banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang disebut oleh pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai “musim hujan steroid”.

Foto-foto terbaru yang diambil oleh sensor satelit MODIS NASA pada 28 Agustus menunjukkan bahwa, sebagian besar wilayah di provinsi Sindh selatan Pakistan, terendam karena hujan lebat dan Sungai Indus membengkak.

Sebuah blok biru tua di tengah citra satelit menunjukkan, sungai Indus meluap dan menenggelamkan area seluas sekitar 100 kilometer, di mana dulunya lahan pertanian sekarang menjadi danau pedalaman yang besar.

Menteri perubahan iklim Pakistan, Sherry Rehman, baru-baru ini mengatakan bahwa bagian-bagian Pakistan “seperti lautan kecil”. Ia juga mengatakan bahwa setelah banjir berakhir, seperempat atau sepertiga dari negara itu masih bisa terendam air.  (hui)