Bocah Laki-laki di Tiongkok yang Ahli Memotong Ikan di Restoran Memicu Perdebatan Masa Kecil

Erabaru.net. Sebuah video lucu dari seorang anak laki-laki berusia delapan tahun di Tiongkok yang ahli memotong dan membersihkan ikan untuk membantu ayahnya menjual makanan ringan tengah malam telah menjadi viral di media sosial.

Video menunjukkan bocah itu memotong dan membersihkan ikan untuk ayahnya di sebuah restoran barbekyu di Zhaotong, Provinsi Yunnan di Tiongkok barat daya.

Dalam klip itu, anak itu, membungkuk dengan lutut sedikit ditekuk, dengan terampil membersihkan sisik dan melepaskan tulang ikan di atas talenan yang diletakkan di atas ember timah.

Setelah memotong ikan beberapa kali, dia meletakkan pisau di atas talenan dan melepaskan sarung tangan anti potong dari tangan kirinya. Dia kemudian mengaitkan insang ikan dengan jari-jarinya dan membilas darah dari tubuhnya di wastafel terdekat.

Seluruh prosedur berjalan dengan cepat dan lancar. Meski mendapat sorakan dan tepuk tangan dari penonton, bocah itu tetap tenang dan fokus pada tugasnya.

Ibu anak laki-laki itu mengatakan bahwa dia dan suaminya tidak melatih putra mereka, yang telah belajar cara membersihkan ikan dengan melihat mereka bekerja.

Menurut orang yang merekam video, bermarga Liu, bocah itu sering membantu ayahnya ketika sedang sibuk di restoran.

“Saya sering makan di restoran mereka dan mengenal anak itu dengan baik; dia sangat ahli dalam memotong dan membersihkan ikan,” jelas Liu.

“Dia cukup sering membantu ayahnya ketika dia melihat bahwa bisnis mereka sibuk, terutama sekarang karena bocah itu sedang libur musim panas.”

Liu melanjutkan dengan mengatakan bahwa sejak video yang dia ambil menjadi viral di Douyin, banyak orang, didorong oleh rasa ingin tahu, datang ke restoran untuk menonton anak laki-laki itu bekerja.

“Keterampilan pisaunya sebagus orang dewasa!” tulis satu orang online. Namun, beberapa mempertanyakan apakah dia harus menangani pisau tajam dan bekerja di usia yang begitu muda.

Menurut ibu anak laki-laki itu, bermarga Chen, dia dan suaminya tidak dengan sengaja melatih putra mereka dalam mempersiapkan ikan atau keterampilan memotong.

“Dia penasaran bagaimana kami berhasil memotong dan membersihkan ikan dengan cepat, jadi dia belajar sendiri setelah mengamati kami beberapa kali,” kata Chen.

Menanggapi kekhawatiran tentang keselamatan anak saat menggunakan pisau untuk menyiapkan ikan, Chen mengatakan: “Dia belum pernah memotong dirinya sendiri sebelumnya, dan selain memotong ikan, dia juga bisa memasak beberapa hidangan.”

Orang-orang terkesan dengan keterampilan memotong ikan anak muda itu, dan banyak yang memujinya sebagai anak yang “bijaksana” karena membantu orangtuanya.

“Anak ini adalah bahan koki,” tulis seorang komentator.

“Keterampilan pisaunya sama bagusnya dengan orang dewasa!” Tulis yang lain. “Mengapa semua anak baik berasal dari keluarga lain?”

Tapi ada beberapa yang mengkhawatirkan perkembangan anak itu.

“Saya hanya merasa tertekan dan menyedihkan bahwa dia diberi masa kanak-kanak seperti itu,” tulis seorang komentator.(lidya/yn)

Sumber: asiaone