Otoritas Menutup dan Menguasai Berbagai Tempat, Industri Pengetesan Mendirikan Lebih dari 10 Perusahaan Hingga Untung Besar

Seorang pekerja dengan pakaian pelindung berjalan di jembatan tertutup selama penguncian di Shanghai, Tiongkok, 18 Mei 2022. (Reuters/Aly Song/File Photo)

Yu Ting – NTD

Saat ini, otoritas di Tiongkok terus memperpanjang periode penutupan dan pengontrolan pandemi. Bahkan, meningkatkan jumlah zona penutupan dan pengontrolan di berbagai tempat. Kini, menghantam mata pencaharian masyarakat dan berbagai industri. Sebanyak 10 perusahaan terdaftar di daratan Tiongkok yang melakukan pengetesan telah mengumumkan laporan keuangan untuk semester pertama tahun ini. Laporan menunjukkan bahwa total laba bersih melebihi 16 miliar yuan.

Seminggu terakhir, otoritas di Tiongkok telah mengumumkan kasus infeksi di hampir setiap provinsi. Di bawah kebijakan pemerintah “pembersihan dinamis”, orang-orang dihadapkan ketidakpastian dengan menjalani tes asam nukleat  setiap hari.

Seorang Penduduk Shenzhen berkata : “Shenzhen adalah satu-satunya di dunia. Dari awal tahun hingga akhir tahun, melakukan tes asam nukleat jika orang tidak sedang melakukan tes asam nukleat, maka mereka sedang dalam perjalanan untuk tes asam nukleat.”

Penduduk Chengdu juga berkata : “Sekarang saya mengantre untuk tes asam nukleat. Saya sudah mengantre beberapa kali hari ini, setiap kali  lebih dari satu jam. Karena sistem  sangat solid,  menyebabkan semua orang berkumpul dan menunggu di sini.”

Dari pusat ekonomi Shenzhen dan Chengdu di selatan hingga resor wisata Tibet, Xinjiang, dan Hainan, penutupan dan pengontrolan berbagai tempat terus meluas. Jumlah daerah berisiko menengah dan tinggi terus meningkat. Ada lebih dari 3.500 orang (daerah berisiko tinggi: 1.774; daerah berisiko sedang: 1.808 individu).

Penduduk Chengdu bersumpah kali ini Chengdu menjadi paling sepi yang pernah ia lihat.

Penduduk Shenzhen menuturkan, awalnya disebut ditutup selama dua hari, tetapi  tiga hari. Jika  terus berlanjut akan membunuh orang.

Sementara orang-orang terkurung dan ekonomi terpukul, industri yang terkait dengan epidemi justru menghasilkan banyak uang.

Media Partai mengungkapkan bahwa baru-baru ini, sepuluh perusahaan terdaftar pengujian asam nukleat daratan mengumumkan laporan keuangan semester pertama mereka, dengan total pendapatan RMB. 48,518 miliar dan laba bersih RMB. 16,297 miliar . Di antara mereka, yang paling menguntungkan adalah “Daan Gene”  dengan laba bersih 4,313 miliar dan perusahaan dengan peningkatan laba terkecil juga meningkat 55,1%.  Tingkat pertumbuhan dua perusahaan melebihi 300% (Mingde Bio 376,29%, Pengobatan Kesehatan Lanzhou 338,53%).

Penduduk Guiyang :  “Sistem tes asam nukleat Guiyang kolpas pada siang hari kemarin. Pukul 15:57, orang-orang dipanggil tes asam nukleat. Akibatnya, setelah mengantri 20 menit, sistem kolpas. Tunggu sampai pukul 17.00 baru kembali ke rumah.”

Penduduk Shenzhen : “Shenzhen sekarang semua tes asam nukleat 24 jam sehari. Tidak peduli pusat perbelanjaan mana yang Anda kunjungi,  pasti 24 jam. Ada titik tes asam nukleat di mana-mana.”

Beberapa netizen mengkritik dengan menyebutkan “negara sedang sulit tapi ada orang menghasilkan uang dalam musibah”. Beberapa orang mempertanyakan bahwa di balik perusahaan-perusahaan ini, ada sarung tangan putih dari keluarga kuat yang menggunakan pengujian asam nukleat untuk menghasilkan uang. (hui)