Penyakit Periodontal yang Mengerikan, Bahkan Tulang pun Bisa Meleleh! Jika Anda Tidak Ingin Memakai Gigi Palsu Selama Sisa Hidup Anda, Ini Harus Dibaca!

Erabaru.net. “Penyakit periodontal” adalah salah satu penyakit mulut yang paling umum, dan kebanyakan orang mungkin berpikir “bukan masalah besar”. Banyak orang mungkin tidak pergi ke dokter setelah menderita penyakit ini, membiarkannya saja dan membiarkan penyakit itu berkembang.

Tetapi penyakit periodontal adalah penyakit yang sangat menakutkan daripada yang Anda kira, dan itu akan menjadi lebih buruk, apa pun yang terjadi.

Lebih dari 80% kehilangan gigi disebabkan oleh kerusakan gigi dan penyakit periodontal

Di Jepang, diperkirakan bahwa “bahkan jika Anda mencapai usia 80, Anda harus memelihara lebih dari 20 gigi”. Jadi apa penyebab kehilangan gigi?

Serangan fisik dapat menyebabkan kehilangan gigi, tetapi secara umum, 80% penyebab kehilangan gigi Anda adalah karena penyakit periodontal dan kerusakan gigi.

Seiring berkembangnya penyakit periodontal, gigi dapat tanggal bahkan tanpa pengaruh dari luar.

Apa sebenarnya penyakit periodontal itu? Lantas, apa penyebab penyakit periodontal?

Penyakit periodontal adalah peradangan pada gusi. Artinya, bakteri masuk di antara gusi dan gigi (jaringan periodontal), menyebabkan peradangan. Ada lebih sedikit oksigen di tengah jaringan periodontal yang kondusif untuk reproduksi bakteri patogen penyakit periodontal, dan bakteri dapat dengan mudah berkembang biak di dalamnya.

Penyakit periodontal dapat dengan mudah disembuhkan dengan mengobati pada tahap awal peradangan. Namun, menderita penyakit periodontal juga disertai dengan rasa sakit yang luar biasa, “selalu merasa ada perasaan tidak normal di mulut”. Untuk menghilangkan kondisi abnormal ini, Anda harus segera ke dokter gigi, sebelum semakin banyak masalah akan terjadi.

Bakteri di jaringan periodontal menghasilkan racun yang mempengaruhi tulang yang mendukung periodontal, menyebabkan perdarahan hebat.

Penyakit periodontal tidak hanya merusak kesehatan

Penyakit periodontal mengancam kesehatan gigi yang merupakan hal yang sangat menakutkan, namun kengerian penyakit periodontal tidak hanya itu.

Penyakit periodontal juga menjadi penyebab bau mulut yang disebabkan oleh kotoran yang menempel di lidah ditambah dengan pengaruh penyakit periodontal. Sebelum orang lain memberi tahu bau mulut Anda, perlu dicari cara untuk mengatasi penyakit tersebut.

Cara paling efektif untuk mengatasi penyakit periodontal adalah “pemeriksaan gigi secara teratur”, yang lebih penting daripada perawatan dini. Untuk menghindari rasa sakit dan pendarahan, pergilah ke dokter gigi setiap beberapa bulan sekali! (lidya/yn)

Sumber: ezp9