1 Tewas dan 79 Terluka Akibat Gempa Magnitudo 6,8 di Taiwan

Dampak gempa di Taiwan (NTD Asia Pasifik)

Chen Huimo dan Zeng Xinmin – NTD Asia Pasifik

Gempa berkekuatan magnitudo  6,8  terjadi di Kotapraja Chishang, Kabupaten Taitung, Taiwan. Bencana dilaporkan terjadi di banyak tempat. Seorang diketahui tewas dan 79 lainnya luka-luka. Dalam tiga hari ke depan, gempa susulan berkekuatan 5 atau lebih tinggi kemungkinan akan terjadi.

Rumah-rumah runtuh dan bangunan aslinya tidak dapat dilihat. Gempa bumi terus mengguncang selama akhir pekan. Taitung mengalami gempa kuat magnitudo 6,8  pada 14:44 Minggu (18/9) lalu.  Sebuah toko seven eleven di Yuli, Hualien runtuh.

Personel penyelamat dan anjing pelacak dan penyelamat dikirim ke tempat kejadian, tetapi untungnya, sebanyak 4 orang yang terperangkap berhasil diselamatkan. Selain Yuli Xiaoqi, banyak jembatan di Hualien, seperti Luntian dan Gaoliao mengalami kerusakan.Tiga orang di Jembatan Gaoliao jatuh dan diselamatkan dan dikirim ke rumah sakit. Pada saat yang sama, pada pukul 14:47, peron Stasiun Dongli di Hualien runtuh, menghancurkan Ziqiang Diesel-listrik yang melewati 420 kali. Di antaranya , 20 penumpang terhubung ke Pusat Aktivitas Dongli.

Sayangnya, seorang pekerja di pabrik semen ready mix di Yuli tak sengaja terlindas dan meninggal dunia.

Ketika bencana terus menyebar, Pusat Tanggap Bencana Pusat dibuka pada pukul 16.00 sore. Presiden Tsai Ing-wen dan  Kepala Eksekutif Yuan Republik Tiongkok, Su Tseng-chang mendatangi kota satu demi satu kota.

Presiden Tsai Ing-wen berkata : “Sekarang setelah gempa susulan berlanjut, saya ingin meminta Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan untuk membantu pemerintah daerah di daerah Huadong untuk merehabilitasi tempat penampungan, mengatur persediaan, dan memberikan bantuan yang diperlukan untuk mereka yang membutuhkan setiap saat.”

Su Tseng-chang  juga berkata : “Jadi pihak berwenang yang kompeten harus memutuskan kegiatan skala besar di daerah pegunungan atau kegiatan skala besar di daerah yang dilanda gempa selama periode ini.”

Di Gunung Hualien Yuli Chike dan Gunung Batu Enam Puluh Fuli, jalan ambruk, menyebabkan sekitar 668 orang terjebak, tetapi untungnya tidak ada yang terluka. Kabupaten Hualien mengumumkan bahwa Kota Yuli akan menangguhkan sekolah dan kegiatan pada 19 September. Kabupaten Taitung juga mengumumkan bahwa lima kota, termasuk Chishang dan Guanshan, akan menangguhkan sekolah. (hui)