Para Arkeolog Telah Menemukan Gigi Manusia Berusia 1,8 Juta Tahun

Erabaru.net. Para arkeolog dari Georgia telah menemukan gigi milik spesies manusia purba dari 1,8 juta tahun yang lalu.

Tidak perlu mengatakan dua kali, tapi itu sudah lama sekali, membuat ini menjadi penemuan yang sangat keren.

Temuan itu juga menunjukkan bahwa Georgia pastilah rumah bagi salah satu pemukiman manusia prasejarah tertua di Eropa, bahkan mungkin di luar Afrika.

Gigi itu ditemukan sekitar 100 kilometer dari ibu kota Tbilisi, di sebuah desa bernama Orozmani.

Di daerah yang sama, tengkorak manusia dari sekitar periode yang sama ditemukan pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Ada banyak barang yang sangat tua dan keren di wilayah ini, sepertinya.

Ketika tengkorak-tengkorak itu ditemukan di sebuah tempat bernama Dmanisi, mereka mengubah pemahaman komunitas ilmiah tentang pola dan evolusi migrasi manusia purba.

Sekarang, di situs baru sekitar 20 kilometer jauhnya mereka telah menemukan gigi ini, membuktikan lebih lanjut bahwa daerah di wilayah pegunungan Kaukasus selatan Georgia adalah salah satu titik perhentian pertama bagi manusia saat mereka bermigrasi keluar dari Afrika bertahun-tahun yang lalu.

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penemuan bersejarah itu, Pusat Penelitian Nasional Arkeologi dan Prasejarah Georgia mengatakan: “Orozmani, bersama dengan Dmanisi, mewakili pusat distribusi tertua manusia tua – atau Homo awal – di dunia di luar Afrika.”

Tim penggalian dipimpin oleh ilmuwan Giorgi Bidzinashvili, yang mengatakan bahwa gigi itu tampaknya milik ‘sepupu’ Zezva dan Mzia, yang merupakan nama yang diberikan pada tengkorak yang ditemukan beberapa tahun lalu.

Gigi itu sendiri dicabut dari tanah oleh mahasiswa arkeologi Inggris Jack Peart, yang mengatakan: “Implikasinya, tidak hanya untuk situs ini, tetapi untuk Georgia dan kisah manusia yang meninggalkan Afrika 1,8 juta tahun yang lalu sangat besar.”

“Ini memantapkan Georgia sebagai tempat yang sangat penting untuk paleoantropologi dan kisah manusia secara umum.”

Namun, fosil manusia purba tertua di dunia berumur lebih lama dari ini.

Di Etiopia ditemukan tulang rahang parsial yang berumur sekitar 2,8 juta tahun yang lalu.

Sulit dibayangkan, bukan?

Gagasan tentang manusia berjalan sekitar hampir 3.000.000 tahun yang lalu.

Para ilmuwan cenderung setuju bahwa manusia – lebih khusus spesies awal yang disebut Homo Erectus – mulai bermigrasi dari Afrika sekitar 2,1 juta tahun yang lalu.

Alat-alat yang berasal dari zaman dahulu telah ditemukan di Tiongkok, tetapi peninggalan Georgia adalah yang tertua yang pernah ditemukan di luar benua Afrika.(lidya/yn)

Sumber: unilad