Gadis Memberi Kakak Perempuan Tabungannya untuk Dorongan Belajar

Erabaru.net. Seorang gadis berusia 12 tahun di Tiongkok yang memberi kakak perempuannya 300 yuan (sekitar Rp 635 ribu) dari tabungannya untuk mendorongnya belajar keras telah menggerakkan jutaan orang di Tiongkok.

Gadis yang lebih tua, bermarga Ma, dari Zhengzhou di Henan, Tiongkok tengah, menerima uang dan catatan manis dari adik perempuannya ketika dia kembali ke asramanya setelah mengunjungi keluarganya, The Paper melaporkan.

Pada awal tahun ajaran baru, Ma mengemasi barang bawaannya dan kembali ke kampus. Ketika dia membongkar barang-barangnya, dia menemukan sebuah kantong putih kecil.

Dia terkejut ketika melihat catatan tak bertanda yang ditempelkan di atasnya dengan kata-kata: “Jangan dibuka sampai di kampus,” diulang tiga kali dan dengan enam tanda seru di bawahnya.

Ma kemudian menyadari itu dari adik perempuannya.

“Hal-hal penting harus diulang tiga kali,” tulis adik perempuannya di kalimat terakhir.

Di dalam kantong, Ma melihat ada tiga uang kertas 100 yuan dan satu lagi uang kertas tulisan tangan.

“Saat saya memasukkan uang ke dalam kantong, hati saya berdarah. Tapi karena saya tahu Anda hanya bisa pulang setiap setengah tahun, saya tahan,” tulis saudara perempuannya di catatan kedua.

“Tolong belajar dengan giat dan jangan mengecewakanku.”

Ma mengatakan dia tersentuh oleh catatan dan hadiah uang dari saudara perempuannya.

“Saya sangat tersentuh karena uang yang dia berikan kepada saya sulit untuk dia simpan.”

Kisah hadiah kejutan dan catatan menyentuh hati pengguna online di seluruh media sosial daratan.

Satu orang berkomentar: “Para saudara harus sangat mencintai satu sama lain, sehingga gadis kecil itu rela memberikan yang terbaik untuk kakak perempuannya.”

Orang lain yang memiliki adik perempuan menulis: “Saya juga. Dia membelikan saya banyak barang seperti peralatan rumah tangga, pakaian, dan kebutuhan sehari-hari.”

Anak-anak di Tiongkok sering menunjukkan cinta mereka kepada keluarga mereka dengan hadiah dan sikap hangat.

Pekan lalu, seorang anak laki-laki di Provinsi Shandong di Tiongkok timur memberi makan adik perempuannya makan siang pada hari pertama taman kanak-kanaknya.

Akhir bulan lalu, seorang anak laki-laki di Tiongkok memberi ibunya celengan berisi tabungan 26.420 yuan yang telah dia tabung selama delapan setengah bulan. (lidya/yn)

Sumber: asiaone