Seorang Pekerja Kantoran Berusia 28 Tahun Tiba-tiba Mengalami ‘Nyeri Dada’, Dokter: Kanker Hanya Karena “Kebiasaan Kecilnya” Setiap Hari…. Anda Harus Tahu!

Erabaru.net. Perhatian buat teman-teman yang makan malam jam delapan atau sembilan atau suka makan snack tengah malam sebelum tidur: Makan sebelum tidur tidak hanya dapat memengaruhi tidur dan berat badan, tetapi satu penelitian menemukan bahwa hal itu juga dapat menyebabkan kanker kerongkongan!

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan asam lambung yang merupakan salah satu penyakit akibat makan di malam hari (setelah jam 8 malam atau 3 jam sebelum tidur).

Gejala awalnya adalah “refluks asam lambung”, diikuti oleh mulas, batuk, suara serak, dan sesak napas.

Tapi jangan meremehkan refluks asam lambung, refluks asam lambung dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker kerongkongan, mengurangi refluks asam dapat mengurangi risiko kanker kerongkongan.

Dan penelitian telah menemukan bahwa semakin banyak orang menderita refluks asam lambung, alasan utamanya adalah kebiasaan makan yang buruk, seperti makan di malam hari.

Menurut laporan media, Wang, seorang pria berusia 28 tahun di Taoyuan, Taiwan, pergi bekerja di sebuah perusahaan besar di Taipei, dia sudah menjadi kepala departemen di usia muda. Namun, dia sibuk dengan pekerjaan di siang hari dan makan tidak teratur, jadi dia hampir selalu makan di luar; di malam hari dia pergi makan malam dengan rekan-rekannya.

Enam bulan yang lalu, Wang mengalami gejala seperti tenggorokan lengket dan nyeri dada. Dia pikir, dia masih muda bukanlah masalah besar, dan dia hanya bisa minum obat umum, tetapi tidak membaik setelah waktu yang lama. Ketika dia pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan, dia menemukan bahwa dia menderita kanker kerongkongan stadium akhir.

Selama wawancara, ayah Wang menangis dan berkata bahwa putranya tidak tahu cara merawat tubuhnya, dan dia bunuh diri dengan makan sembarangan sepanjang hari. Dia akan makan malam 200 hari dari 365 hari setahun. Dia dan istrinya khawatir dan menasehatinya setiap hari, tapi tidak pernah mendengarkan.

Mereka yang suka makan malam jam 8 – 9 atau suka makan malam sebelum tidur, perhatikan ini: Makan sebelum tidur tidak hanya akan memengaruhi tidur dan berat badan, tetapi sebuah penelitian menemukan bahwa hal itu juga dapat menyebabkan kanker kerongkongan!

Selain kebiasaan makan di malam hari, mereka sering melewatkan sarapan dan hanya makan camilan cepat di siang hari.

Setelah makan dan minum, dia merebahkan diri di sofa dan menonton TV. Ini sebenarnya sangat berbahaya! Sangat mudah untuk menyebabkan refluks asam, yang dapat menyebabkan kanker kerongkongan!

Jika tidak bisa menahan makan malam, cobalah untuk memakannya sebelum jam delapan atau tiga jam sebelum tidur.

Juga cobalah untuk tetap tegak setelah makan malam, atau berjalan-jalan seperlunya.

Setiap orang harus mencoba untuk menghilangkan kebiasaan makan camilan larut malam sebelum tidur, terutama barbekyu, makanan ringan, makanan berkalori tinggi, dll. Meskipun Anda dapat tidur nyenyak dengan perut kenyang, ini dapat dengan mudah menyebabkan refluks asam lambung, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kanker kerongkongan.

Juga, dengan tegas katakan tidak pada makanan penutup dan camilan sebelum tidur! Karena makanan penutup umumnya kaya akan karbohidrat dan lemak, mereka tidak mudah dicerna, dan akan mengendurkan sfingter di ujung bawah kerongkongan, menyebabkan refluks asam lambung.(yn)

Sumber: bignews365