Berlian Merah Muda Langka Ditemukan di Afrika, Berlian Terbesar yang Ditemukan dalam 300 Tahun Terakhir

Erabaru.net. Penambang dari Angola di Afrika Tengah telah menemukan berlian merah muda murni yang langka, yang diklaim sebagai berlian terbesar yang pernah ditemukan dalam 300 tahun terakhir sesuai laporan oleh Phys.org.

Dinamakan Lulo Rose, berlian merah muda 170 karat ini ditemukan di Tambang Lulo di wilayah timur laut negara ini dan merupakan salah satu berlian merah muda paling langka dan terbesar yang pernah ditemukan di planet ini.

Berlian Tipe IIa yang dianggap kemurnian dan kelangkaannya di antara batu alam disambut baik oleh Pemerintah Angola yang juga bermitra dengan tambang yang dikelola oleh Lucapa Diamond Company.

Menteri Sumber Daya Mineral Angola Diamantino Azevedo mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Rekor ini dan berlian merah muda spektakuler yang ditemukan dari Lulo terus menunjukkan Angola sebagai pemain penting di panggung dunia.”

Menurut Museum Victoria, warna merah muda ini adalah hasil dari panas yang hebat dan tekanan besar dari segala arah (tekanan non-isotropik) setelah pembentukan batu di Bumi.

Berlian itu akan dijual dalam tender internasional dengan harga yang gila-gilaan. Sangat penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa Lulo Rose akan dipotong, dipoles dan disempurnakan untuk mendapatkan nilai sebenarnya. Dan proses ini juga bisa mengakibatkan batu kehilangan hampir setengah dari beratnya.

Terlepas dari itu, berlian merah muda seperti itu sangat langka dan dijual dengan label harga yang memecahkan rekor.

Misalnya, Bintang Merah Muda 59,6 karat dijual dalam lelang di Hong Kong seharga 71,2 juta dolar (sekitar Rp 1,1 triliun) pada tahun 2017. Hingga saat ini, berlian itu tetap menjadi berlian termahal yang pernah dijual. Tahun lalu, Berlian Sakura Merah Muda langka lainnya dengan berat 15,8 karat dijual seharga 29,3 juta dolar (sekitar Rp 455 miliar). (yn)

Sumber: indiatimes